Rabu, 13 Februari 2013

KUROSHITSUJI (Black Butler)

Kuroshitsuji (Black Butler) adalah anime dan manga karya Yana Toboso. Manga ini pertama kali dimunculkan di majalah Square Enix's shonen manga magazine Monthly GFantasy. Manganya bergenre komedi satir, supernatural, dan fantasi. Animenya dipublikasikan di bulan Juli 2008 dan ditayangkan secara resmi di bulan Oktober 2008 oleh stasiun TV Tokyo Broadcasting System dan Mainichi Broadcasting System, dengan  sutradara Shinohara Toshiya beserta rumah produksi A-1 Pictures.

Black Butler mengisahkan aksi Sebastian Michaelis, kepala pelayan berdarah iblis yang terikat dengan kontrak supranatural untuk mengabdi kepada Ciel Phantomhive, seorang anak yatim piatu berusia 12 tahun dan memimpin keluarga bangsawan Inggris Phantomhive serta perusahaan mainan dan permen milik keluarganya. Orangtua serta Mansion Phantomhive terbakar habis saat Ciel masih kecil,tepat di hari ulangtahunnya. Hasilnya, Ia membuat kesepakatan dengan Iblis,dan meminta sang Iblis yang akhirnya diberi nama Sebastian, untuk membalaskan dendamnya kepada orang-orang yang telah mempermalukannya, dan sebagai gantinya, sang Iblis boleh mengambil jiwanya.

Makin terkenalnya Black Butler membuat para seniman pentas tertarik untuk menggarap drama musikalnya. That Butler, Friendship (Sono Shitsuji, Yuko) pun dibuat dan dipentaskan di Sunshine Theater, kota Ikebukuro,  pada 28 Mei hingga 7 Juni 2009, dimana tokoh Sebastian Michaelis diperankan oleh Yuya Matsushita, tokoh Ciel Phantomhive oleh Shougo Sakamoto, juga tokoh Grell Sutcliffe oleh Uehara Takuya dan mendapat sambutan yang meriah. Tak hanya itu, sebuah drama musikal pun digarap kembali berjudul Musical Black Butler, The Most Beautiful Death in The World, A Thousand Soul and The Fallen Grim Reapers (Kuroshitsuji Sen no Tamashii to Ochita Shinigami) yang dipentaskan di empat kota yaitu Akasaka, Tokyo, Nagoya dan Osaka dari 3 Mei hingga 23 Mei 2010 dimana aktor Yuya Matsushita tetap berperan sebagai Sang Iblis Sebastian.

STORY
Dalam sebuah rumah bangsawan di pinggiran Kota London era Victoria,Pelayan bernama Sebastian Michaelis melayani Ciel Phantomhive,Kepala dari keluarga Bangsawan Inggris yang sudah tidak mempunyai Orang tua, berumur 12 tahun, dan memiliki perusahaan Mainan dan Permen yang sangat terkenal. Keluarga Phantomhive disebut juga sebagai “Queen’s Watch dog” karena mereka dipercaya untuk melayani sang Ratu inggris secara diam-diam. Tugasnya menyelesaikan segala masalah Ratu, membuat Phantomhive sering terlibat dengan berbagai tindak kriminal, bahkan sampai harus menjadi kriminal tanpa sepengetahuan masyarakat atau organisasi. Karena tugasnya yang bisa dibilang 'kotor' ini, keluarga Phantomhive secara turun temurun disebut sebagai bangsawan yang merupakan "anjing penjaga" Ratu. Hal ini bisa diatasi oleh Ciel Phantomhive, karena dia memiliki Butler yang selalu siap membantunya. Sebastian sang butler, melakukan semua tugas yang diberikan oleh tuannya saat sedang memecahkan gangguan di Inggris dengan mudah dan sempurna, dan di akhir setiap aksinya yang memukau, Sebastian akan berkata "Apa yang tidak bisa dilakukan oleh butler keluarga Phantomhive?", atau "I'm just simple one hell of a butler". Ya, tentu saja karena sesungguhnya Sebastian adalah seorang pelayan berdarah iblis.
Ciel memiliki masa lalu tragis yang membuatnya terpaksa mengikat kontrak dengan Sebastian. Ketika Ciel masih kecil, kedua orang tuanya meninggal dibunuh bersama seisi rumahnya. Ciel berhasil melarikan diri, tetapi di tengah pelariannya dia ditangkap oleh pedagang manusia dan dijual. Akhirnya Ciel dibeli oleh seseorang yang kaya dan yang akan menjadikannya tumbal untuk suatu upacara hitam. Tidak tanggung-tanggung, tidak hanya Ciel yang dikorbankan, tetapi banyak juga anak-anak lainnya yang senasib. Ketika Ciel ditaruh di meja pengorbanan, orang yang membelinya mulai menyiksa tubuhnya dan memberikan tato di punggungnya (tato di berikan dengan menempekan besi panas langsung ke tubuhnya). Kesakitan merajalela dalam dirinya membuat Ciel memanggil-manggil pertolongan. Tapi siapa yang bisa dimintai tolong? Semua suadah tiada. Semenjak saat itu, Ciel membuang nama Tuhan dalam dirinya dan memanggil iblis untuk membunuh orang-orang keji tersebut. Dia melakukan kontrak dengan seorang iblis, dan bersedia menyerahkan jiwanya dengan syarat sang iblis harus mematuhi 3 hal (tidak boleh berbohong, harus tunduk pada perintahnya, dan tidak boleh membiarkannya mati sebelum dendamnya terbalas). Iblis itu menerima syarat itu, dan membuat bukti kontrak berupa pentacle terbalik di mata kanan Ciel dan di tangan kiri sang iblis.
Ciel yang menyimpan dendam terhadap orang yang telah membunuh keluarganya, kembali ke mansionnya dengan membawa iblis yang di beri nama Sebastian, dan menunggu hingga orang yang membunuh keluarganya muncul kembali untuk membunuhnya. Sikap dingin dan tegas yang selalu ia tunjukkan membuatnya lupa cara untuk tersenyum secara alami, terlebih lagi dia harus menjadi kepala keluarga di usianya yang masih muda.
Dia memeliki orang 4 pelayan dengan bermacam-macam tugas, tapi tugas utama mereka adalah “Menjaga Keamanan Mansion Phantomhive” dan juga menjaga orang-orang di Mansion Phantomhive.  Ke-4orang pelayannya yang setia tapi ceroboh ini terdiri dari seorang koki bernama Bard, seorang Maid bernama Maylene, tukang kebun bernama Finnian dan seorang lagi pelayan bernama Tanaka (Butler  yang telah menjabat di bawah Vincent Phantomhive, ayah Ciel). Ketiga orang itu (selain Tanaka) dipilih oleh Sebastian Michaelis secara langsung bukan karena keahliannya dalam menyelesaikan tugas rumah tangga, tetapi karena keahliannya menjadi penjaga rahasia, mereka memang terlatih sebagai pembunuh profesional. Selain itu, Ciel juga bertunangan dengan seorang gadis manis bernama Elizabeth. Gadis tersebut menyukai berbagia hal yang imut, hingga kadang merepotkan Ciel. Tapi pada akhirnya, berbagai masalah dapat ia hadapi bersama sang butler, meski tidak semua masalah berakhir dengan baik, terutama jika sedang berhadapan dengan Grim Reapers (dewa kematian yang ditugaskan untuk menentukan jiwa seseorang yang akan hidup atau mati).
Di puncak cerita dalam anime yang berjumlah 24 episode, diketahui bawa sang Ratu dan organisasi hitamnya lah yang telah memerintahkan penghancuran keluarga Phantomhive. Kekacauan besar pun terjadi di inggris, sang Butler Ratu bernama Ash ternyata adalah seorang malakat. Dia memiliki dua kepribadian, kadang berperan sebagai Ash (Butler Queen Victoria) dan sebagai Angela (Maid yang selalu di tindas oleh Majikannya, Lord Henry Barrymore of Houndsworth).  Karena terobsesi untuk memurnikan jiwa yang tidak bersih, dia 'sang malaikat' ingin memiliki tempat di sisi Sebastian 'sang iblis' dalam supaya mendominasi dunia. Menanggapi hal ini, Sebastian hanya berkomentar "Malaikat jatuh" dan kemudian membunuhnya dalam bentuk asli sebagai iblis. Ciel lalu menyerahkan jiwanya kepada Sebatian setelah pembalasan dendam keluarganya terwujud, Ciel menegaskan kepada Sebastian, bahwa Sebastian dapat mengambil jiwanya sesakit apapun, agar dia dapat mengukir rasa sakit kehidupannya sampai ke dalam jiwanya. Tapi sesuatu terjadi, sesaat sebelum Sebastian melahapnya, jiwa Ciel tiba-tiba menghilang meninggalkan tubuhnya yang kosong. Tidak bisa di ketahui apa penyebabnya, tapi yang jelas Sebastian menjadi sangat murka. Itulah akhir dari Black Butler season1.
Kisahnya berlanjut setelah jiwa Ciel dicuri, season 2 di buka dengan munculnya keluarga bangsawan Trancy “The Queen’s Spider” yang juga bekerja untuk sang Ratu, sama seperti keluarga Phantomhive. Jika tugas Phantomhive adalah untuk 'Mengirim masalah Ratu ke dalam Kegelapan', maka tugas Trancy adalah 'Menghancurkan masalah tersebut di dalam kegelapan'.
Keluarga bangsawan Trancy di pimpin oleh seorang anak bernama Alois Trancy yang belakangan diketahui telah mengikat kontrak dengan seorang iblis yang kini dijadikan sebagai Butlernya, Claude Faustus. Tujuannya hanya satu yaitu memberikan penderitaan pada Sebastian yang telah membunuh adiknya. Dia bisa saja melakukan kontrak dengan membunuh Sebastian, tapi Alois ingin agar Sebastian merasakan penderitaan yang lebih dalam dari pada kematian. Karena itulah, dia memerintahkan Claude sang iblis untuk menculik Ciel Phantomhive dari Sebastian.
Kejadian ini disadari oleh Sebastian, dan akhirnya datang ke mansion Trancy untuk
merebut kembali jiwa Ciel. Alasan kenapa jiwa Ciel berhasil di curi Claude adalah karena sebastian sempat kehilangan tangan kirinya yang memliki bukti kontrak saat bertarung melawan Angela/Ash. Dia sempat berhadapan dengan Claude, namun akhirnya berhasil mendapatkan jiwa Ciel dan memasukkannya kembali kedalam tubuh Ciel. Tapi ingatan Ciel menghilang, dan jiwa yang dipenuhi dendam  itu sudah tiada. Karena sang iblis lebih menginginkan hati yang dipenuhi dendam, makanya Sebastian berencana mengembalikan ingatan Ciel dan menanamkan beberapa ingatan palsu padanya termasuk kenyataan bahwa sang Ratu telah meninggal (yang saat ini di gantikan Ratu palsu), dan menjadikan Trancy sebagai pelaku  pembunuh keluarga Phantomhive. Dalam hal ini, Sebastian dan Claude telah melakukan kesepakatan, mengingat tujuan mereka sama yaitu mendapatkan Ciel Phantomhive lengkap dengan ingatan dan dendamnya. Ciel pun hanya menjadi boneka mereka.
Setelah jiwa Ciel yang di penuhi dendam itukembali, Claude akhirnya berkhianat, dia membunuh Alois Trancy karena tergiur  mendapatkan jiwa Ciel setelah merasakan sensasi darahnya saat Ciel bertarung pedang melawan Alois. Dia juga melanggar janji  antar iblis yang telah di buatnya dengan Sebastian. Dia lalu mencuci otak Ciel dan menanamkan ingatan masa lalu Alois pada diri Ciel, membuatnya berpikir bahwa dirinya lah yang telah membunuh Alois, dan membenci Sebastian.
Disitulah masa lalu Alois terungkap. Nama asli nya adalah Jim McCain, dan memiliki adik yang bernama Luca, mereka adalah anak yatim piatu. Jim sangat kesal dengan kelakuan orang-orang di desa nya yang memerlakukan dengan kasar, dan mengharapkan mereka untuk mati. Suatu hari, mereka menemukan desa tempat tinggalnya terbakar dan semua orang mati secara tiba-tiba. Melihat hal itu, Jim menjadi sangat senang, begitu pula dengan Luca. Tapi kemudian saat sedang melihat-lihat suasana malam itu, Jim merasakan perasaan aneh dan dia pun menemukan adiknya terbaring disuatu tempat gelap, sudah tak bernyawa. Dia syok dan tidak memiliki keinginan hidup, terlebih lagi setelah dirinya dijual untuk di jadiakan mainan seorang laki-laki mesum. Di tempat kotor itu, dia mendengar cerita bahwa di dalam hutan terdapat peri yang bisa mengabulkan satu permintaan, namun harus di bayar dengan nyawa. Karena dia ingin membalas kematian adiknya, maka Jim pun menemui makhluk itu dan melakukan kontrak dengannya. Dialah Cloude Faustus yang kemudian menjadi butler Alois Trancy. Di masa lalunya, Alois Trancy diculik sesaat setelah di lahirkan, sehingga mengakibatkan Ibunya bunuh diri karena depresi. Lalu, Jim yang mendapatkan nama barunya dari orang yang telah menodainya muncul sebagai Alois Trancy beberapa tahun kemudian, sebelum akhirnya Earl Trancy meninggal secara misterius.
Hari-hari Sebastian dilalui dengan perasaan muaknya terhadap Claude dan usahanya mendapatkan kembali Ciel. Dia mulai bergerak menguak misteri sebenarnya keluarga Trancy, dia datang ke desa yang terbakar dan mendapati kenyataan bawa Hannah Annafellows (Maid Trancy) adalah pelaku pembakaran malam  itu. Hannah yang juga seorang iblis melakukan kontrak dengan Luka (adik Jim) dan memakan jiwanya setelah tugas/keinginan Luca untuk melenyapkan desa terpenuhi. Tapi, karena simpati pada Luka yang tersenyum dan berterimakasih pada Hannah yang hendak memakan jiwanya, dia pun ingin melindungi Jim dan menjadi Maid di keluarga Trancy. Hannah cuma diam saja ketika Claude mengatakan informasi palsu tentang Sebastian yang sudah membakar desa, demi berada di sisi Alois. Walaupun sering diperlakukan kasar olehnya, namun rasa sayang Luca terhadap Jim yang berada dalam tubuhnya, membuatnya setia pada Alois.
Di suatu kesempatan, Hannah kemudian memasukkan jiwa Alois ke dalam tubuh Ciel, lalu membuat kontrak baru dengan Alois. Alois yang sudah menyadari alasan Claude membunuhnya yaitu memanfaatkannya demi mendapatkan jiwa Ciel, meminta Hannah supaya Sebastian dan Claude bertarung hingga mati jika ingin mendapatkan Ciel. Di sini lah Sebastian berhasil mengalahkan Claude, dan sesuai perjanjian Hannah harus menyerahkan Ciel kepadanya. Tapi apa yang terjadi? Tubuh Ciel di lempar ke dalam laut, dan Sebastian pun berusaha menyelamatkannya. Tapi dia terkejut saat melihat mata biru Ciel berubah merah, dan kemudian Sebastian berusaha membunuhnya. Darah menyebar di lautan, tapi Ciel tidaklah mati.
Akhirnya terkuak lah kontrak sebenarya antara Hannah dengan Alois, yaitu membuat Claude dan Sebastian tidak bisa mendapatkan jiwa Ciel dengan menjadikan Ciel sebagai iblis.
CHARACTER
Sebastian Michaelis
Sebastian adalah butler milik Ciel. Dia bukanlah manusia, melainkan Iblis yang dapat melakukan apasaja. Sebastian juga sering mendeskripsikan dirinya sebagai “I am one hell of butler” dan dapat diartikan juga sebagai “I am a demon and the Butler”. Sebastian sangat menyukai Kucing, dan membenci Anjing, dia pernah berkata bahwa Kucing merupakan binatang yang tak ada di dunia nya (dunia iblis). Di Chapter 44 (manganya) terbukti bahwa dia menyembunyikan 15 kucing di lemari pakaiannya,dan kucing itu ternyata ditemukan saat Sebastian sedang menjalankan tugas yang diberikan oleh Ciel (karena merasa kasihan melihat mereka kehujanan). Dia pintar di segala Hal, memasak, mengurus rumah, merawat sesuatu, dan juga pintar dalam bertarung. Tak ada hal yang tak bisa dilakukan olehnya .
Ciel Phantomhive.
Earl Ciel Phantomhive, lahir pada tanggal 15 Desember 1875, dia adalah Businessman yang cerdas, berumur 12 tahun (umur 13 di Chapter 14). Kepala dari salah satu keluarga Bangsawan Inggris, dia mengambil alih setelah kematian Orangtuanya,Vincent Phantomhive dan Rachel Phantomhive. Dia menjalankan Funtom Company, yang menghasilkan produk Mainan dan Permen. Perusahaannya telah membuka banyak cabang. Mata Kanan nya yang biasanya tertutupi oleh penutup mata hitam (biasanya untuk bajak laut), dimaksudkan untuk menutupi tanda Kontraknya dengan Sebastian. Sebastian berkata bahwa itu dimaksudkan sebagai tanda perjanjian mereka, dan dia juga berkata bahwa para Iblis menandai mangsa mereka agar sang Iblis dapat menemukan mangsa mereka dimanapun mereka berada.

Phantomhive’s HouseHold
Mansion Phantomhive yang terletak di daerah London mempunyai beberapa Pelayan Rumah. Yaitu 5 pelayan, tugas mereka memang bermacam-macam tapi tugas utama mereka adalah “Menjaga Keamanan Mansion Phantomhive” dan juga menjaga orang-orang di Mansion Phantomhive. Baldroy yang bekerja sebagai “Tukang Masak/Chef” di Mansion Phantomhive, Finnian yang bekerja sebagai “Tukang Kebun/Gardener” di Mansion Phantomhive, dan Mey-Rin sebagai “Pembantu/Maid” di Mansion Phantomhive.
Ketiga orang itu dipilih oleh Sebastian Michaelis secara langsung, mereka juga dilatih untuk mengerjakan tugas-tugas mereka. Tanaka sudah melayani keluarga Phantomhive sejak “Earl/kepala” keluarga Phantomhive masih Earl Vincent and Lady Rachel, tetapi sejak Earl of Phantomhive diganti oleh Ciel Phantomhive, Tanaka terlihat tidak banyak melakukan apa-apa.

Bard.
Baldroy, biasa dipanggil Bard. Dia memasak untuk keluarga Phantomhive dengan ala America nya. Sebenarnya dia jarang menghasilkan suatu masakan, karena dia biasanya memasak menggunakan Senjata, contohnya “penyembur Api” untuk memasak. Dia percaya bahwa memasak dengan menggunakan Senjata itu adalah sebuah salah satu seni dari memasak. Dulunya dia adalah tentara Inggris yang dianggap “Sok tahu”,  maka dari itu dia diturunkan jabatannya. Tetapi, karena dia tidak ikut berperanglah, dia dapat selamat dalam Perang Dunia tersebut.
Finnian.
Sering juga disebut Finny, dia adalah Tukang kebun di Mansion Phantomhive. Setiap kali dia mencoba untuk berkebun, pasti hasilnya hanya menyebabkan kebun tersebut menjadi “Layu”. Yap! disebabkan karna kecanggungan dan kekuatan supernya tersebut. Dia terlihat sebagai anak yang Innocent. Seperti nya ia karakter yang sangat menyukai pekerjaannya.
Keahlian Finny sebernarnya adalah kekuatannya. Dia dapat mengangkat barang-barang yang sangat berat, seperti mengangkat Pluto (binatang peliharaan Phantomhive), mengangkat pohon-pohon,dll. Dia mencoba untuk menekan kekuatannya karna takut menyakiti orang lain karna kekuatannya. Dia menjadi Tukang kebun karna dia ingin menghabiskan waktu nya berada di luar sebisa mungkin, karena sebelum dia bekerja di Mansion Phantomhive, dia tidak pernah diberikan kesempatan untuk itu. Dulu, Finny selalu dijadikan bahan percobaan berbagai Experimen, dan dia juga pernah mempunyai masa lalu yang cukup buruk, seperti menempatkan Finnian untuk melawan teman-temannya dalam pertandingan Kematian, dan juga dia sering di kunci didalam Kandang. Sampai Sebastian mencarinya, akhirnya dia dapat bebas dari semua itu.
Mey Rin.
Mey-rin adalah Pembantu/Maid yang sangat ceroboh, dan sepertinya dia tidak tahu bagaimana cara untuk mengatasi kecerobohannya.
Awalnya, Mey-Rin menolak untuk memakai Kacamata yang telah diberikan oleh Ciel, tapi setelah dia memakai Kacamata tersebut, Kepribadiannya yang tadinya sangat serius, kini berubah menjadi Perempuan yang sangat ceroboh. Dia sepertinya ‘ada perasaan’ dengan Sebastian, karena setiap kali Sebby memperhatikan Mey-rin, mukanya terlihat memerah. Dia memang agak takhayul, maka dari itu dia sangat menyukai cerita-cerita yang seram/Horror.
Dulunya, Mey-Rin adalah Sniper yang sangat handal, dia dapat memakai nya tanpa menggunakan “Scope”. Dia juga handal menggunakan senapan, seperti Pistol di tangan dan me-Reload senjata ratusan kali dalam hitungan cepat.
Tanaka.
Tanaka adalah Pelayan yang telah menjabat di bawah Mantan Earl Phantomhive. Sebenarnya dia ada di saat kematian orangtua nya Ciel, dan juga saat Orangtua Ciel di tikam. Karna dari itu, dia menjadi jarang bicara dan jarang mengerjakan tugas apapun. Dia sering terlihat sedang meminum Teh ala Jepang, khususnya di season pertama .
Meskipun penampilan Tanaka seperti itu, Tanaka mampu membunuh penyusup dengan mudahnya. Sebelum Sebastian Michaelis diangkat menjadi Butler Earl Phantomhive, Tanaka adalah Butler yang melayani orang tua Ciel, mantan Earl Ciel Phantomhive. Di dalam manga Black Butler, saat Sebastian terlihat di bunuh, dia diangkat oleh Ciel untuk menjadi pengganti Butler sementara, dan posisi nya persis menggantikan Sebby-chan. Kemampuannya bisa dibilang hampir setara dengan Sebastian.
Pluto.
Di Dalam Anime nya, Pluto juga disebut sebagai “Devil Dog”. Dia dapat berubah dari Manusia ke anjing. Dia berubah ke bentuk Manusia jika perasaan nya sedang kacau/gembira, tetapi kelakuannya tetap saja seperti anjing . Tapi sekali nya dia menjadi anjing, dia dapat berubah menjadi binatang yang sangat besar. Dia juga dapat menyemburkan Api dari mulutnya.
Sebelum keluarga Phantomhive mengangkatnya ke Mansion Phantomhive, dia adalah Terorist di Kota Houndsworth. Walaupun Sebastian membenci anjing, tapi Pluto sangat menyukai nya dan menuruti perintah Sebastian. Dia ada kaitannya dengan orang-orang yang telah membunuh orangtua Ciel Phantomhive. Saat Ash menggunakan kemampuan penyemburan api Pluto untuk membakar London, Ciel menyuruh Phantomhive’s household untuk membunuh Pluto.

Nobles.
Madam Red.
Madam Red, dengan nama asli Angelina Durless, dia adalah Tante nya Ciel, atau bisa juga Kaka dari Ibu nya Ciel. Dari nama julukannya, dia memang menyukai Warna merah, Baju Merah, mata merah, topi merah, dll.
Sebenarnya dia sangat membenci rambut merah nya, yang diwarisi oleh ayahnya. Sampai pada akhirnya ayah Ciel,Vincent berkata bahwa ia menyukai rambut merah Angelina. Sejak itu, Angelina mulai mencintai Vincent (ayah Ciel), tapi, kemudian dia sangat putus asa saat mengetahui bahwa Vincent mencintai kakaknya, Rachell (Ibu Ciel) dan malah mereka berdua akhirnya menikah.
Dia mendapat izin Kedokteran oleh orang tua nya, dan kemudian bekerja di Rumah Sakit Royal London (Royal London Hospital). Suami nya terbunuh saat kecelakaan kereta kuda, dan saat karena kecelakaan itu pula rahim dan anak yang ada dikandungannya terpaksa harus disingkirkan. Hal ini menyebabkan perselisihan besar antara ia dan pekerjaannya, dimana karna dia memang biasa meng-aborsi anak dalam pekerjaannya.
Karna dia merasa begitu banyak masalah, dan dia juga merasa kesal bagi Ibu-ibu yang ingin meng-aborsi anak nya, sedangkan dia sendiri ingin mempunyai anak, akhirnya dia dan Grell Sutclifer membunuh pasien yang pernah mengaborsi anaknya dari dia. Dan akhirnya mereka berdua (madam red dan grell) terkenal sebagai Jack The Ripper. Saat Ciel tahu bahwa Madam Red adalah pelaku kasus Jack the Ripper, tadinya dia berniat membunuh Ciel, tapi dia tidak karena dia sudah merasa Ciel seperti anaknya sendiri, dan hal inilah yang menyebabkan Grell membunuh Madam Red.
Lau.
Lau adalah Bangsawan dari China, dia adalah President dari perusahaan dagang China yang bercabang di Inggris, dan dia juga adalah teman dari keluarga Phantomhive. Dia juga adalah kepala dari Mafia Shanghai dan mendirikan perusahaan Opium. Dia terlihat selalu tersenyum dan mata nya selalu tertutup, kecuali pada saat-saat yang singkat, seperti di Episode 15 dan Episode 20. Dia biasanya selalu setuju pada ide apapun tanpa memikirkan apa akibatnya dan biasanya dia suka mengikuti perbincangan dengan info yang menolong, dan kemudian dia tidak tahu apa yang sedang dibicarakan.
Dia juga bisa menjadi orang yang “Berdarah Dingin” dan samar, dia bersedia untuk melangkah lebih jauh dari pada apa yang akan Ciel lakukan. Seperti Istri nya yang terbunuh karena tahu bahwa dia (istri nya) akan mencoba untuk menipunya lagi. Dia sering terlihat dengan pembunuh pribadinya “Ran Mao”, Chinnesse yang sudah terlihat dekat seperti adiknya Lau, walaupun tidak berhubungan darah. Walaupun Ran Mao sangat jarang berbicara, tapi dia terlihat seperti gadis yang mudah marah, dan dia juga sangat patuh terhadap Lau. Di Anime series nya, Lau dan Ran mao dikalahkan oleh Ciel dan Sebastian setelah mereka mencoba untuk memanfaat kan perusahaan Phantomhive untuk menyimpan bahan-bahan Opium dalam bungkus Permen yang dijual melewati perusahaan Phantomhive.
Prince Soma.
Pangeran Soma Asman Kadar yang berumur 17 tahun dan berasal dari India. Tidak seperti Ciel, dia sangat manja dan dia juga menggunakan kekuasaan orang tua nya untuk kebutuhan pribadinya, dan menyerahkan segala urusan ke orang lain. Dia sangat menyayangi “Meena”, seorang Maid yang cantik dan telah melayani nya dari dia kecil, dan juga telah memberikan Soma kasih sayang penuh. Dia mengganggap Meena sebagai kaka kandungnya. Tapi, Meena akhirnya kabur dari kerajaan dan pergi dengan “Harold West” yang kemudian menjadi suami nya (Meena), seorang pedagang India, dan kemudian Meena menjadi orang kaya. Dan akhirnya Soma mencari Meena sampai ke London, dan bertemu Ciel di jalan kecil di London.
Soma juga mempunyai seorang Butler yang memiliki “Tangan Dewa” , yang bernama Agni. Saat dia bertemu dengan Meena, Meena malah berkata bahwa Meena membenci pekerjaannya di Istana, dan lebih menyukai kehidupan baru nya menjadi seorang istri yang kaya raya. Soma juga tidak tahu, bahwa Meena dan Harold West mati terbunuh oleh lau dan RanMao. Dan sekarang, Soma menjadi “Teman Akrab” Ciel. Setelah itu, kesehariannya di London terlihat dia sering memberikan “Curry Bread” ke orang-orang yang tidak mampu di jalanan.
Agni.
Agni adalah “Butler” nya Prince Soma. Dia sangat memuja Dewa. Agni adalah salah satu dari Bangsawan Arshad (Di indonesia Arsyad) . Dia menggunakan kekayaan itu bagi kepentingan hidupnya sendiri, sampai pada akhirnya dia di beri hukuman oleh masyarakat, yaitu “gantung diri”. Tapi sebelum dia sempat dibunuh, Prince Soma datang dan menawarkannya hidup baru dan menutupi kehidupan lamanya. Sumber kekuatannya akhirnya muncul dari pengabdiannya kepada Prince Soma. Dia juga dapat bertanding dengan Sebastian sampai akhirnya “Seri” , sampai-sampai Ciel bertanya-tanya, apakah dia Demon atau bukan. Tapi Sebastian menjawab bahwa dia hanya Manusia.
Tidak seperti Sebastian, dia dapat melihat kehebatan/kemampuan pelayan Mansion Phantomhive. Dia terkenal dengan “Right Hand of God”, keahlian tangan kanan nya yang super, dapat ditunjukan saat dia memasak “Curry” dan saat dia bertarung. Sebelumnya, Agni dan Soma sempat menginap di mansion Phantomhive untuk beberapa saat, mereka berdua belajar banyak dari Ciel dan Sebby-chan, sampai-sampai Agni memanggil Sebby sebagai temannya, yang sempat membuat terkejut Sebby-chan, karena sebelumnya Sebby tidak pernah mempunyai teman
Viscount of Druitt
Viscount adalah Ketua dari Aleister Chamber,sangat menyukai sesuatu yang berbau Seni,Wine,dan makanan. Dia pertama kali bertemu dengan Ciel di sebuah acara Gathering, dan kebetulan Ciel saat itu sedang berpura-pura menjadi seorang “Perempuan” ,saat itu sebenarnya Ciel sangat risih berdekatan dengannya,tapi karna Ciel memang sedang menyelidiki Viscount tentang kasus pembunuhan Jack The Ripper,Ciel pun mencoba bersabar dengan sikapnya itu. Viscount mempunyai peran besar di dalam Anime nya,muncul dibeberapa episode walaupun hanya untuk memunculkan bagian-bagian terlucu nya saja, Dia terbukti dekat dengan Ayah angkat Alois Trancy (Kuroshitsuji Season 2) . Dan Viscount ternyata juga mengikuti organisasi-organisasi gelap.
Elizabeth Middleford.
Elizabeth adalah anak dari Marchioness Frances Middleford,dan dia adalah Sepupu sekaligus Tunangannya Ciel. Dia adalah orang yang sangat Riang,dan ramah. Dia sudah kenal Ciel sejak lama,dan dia pun sangat perhatian pada Ciel,dia pun sangat berusaha keras untuk membuat Ciel dapat tersenyum dan kembali seperti dulu lagi. Elizabeth sering menyuruh Ciel untuk memanggilnya dengan nama “Lizzy” ,tetapi sepertinya Ciel suka lupa dengan hal itu dan tetap memanggilnya dengan sebutan Elizabeth. Dia sangat menyukai hal-hal yang lucu. Ciel pun menganggapnya sebagai teman yang sangat berharga,dan juga seseorang yang perlu dia lindungi. Dia mempunyai Maid pribadi,yang bernama Paula.
Queen Victoria.
Queen Victoria adalah ratu dari United Kingdom,dia digambarkan mempunyai kecantikan yang besar,dan keanugrahan.  Meskipun demikian, ia agak eksentrik, ini dapat terlihat ketika dia memasuki kari kontes saat mengendarai kuda. Sejak kematian suaminya,ia sering tidak muncul didepan Publik dan malah mulai menangis histeris saat nama Suami nya disebutkan.
Di Anime nya,dia dilihatkan hampir ingin Bunuh diri,dan malah dihentikan oleh Ash. Ash memberikan ke-masa mudaan Queen Victoria kembali,dan menukarkan tubuh asli Queen Victoria dengan tubuh suami nya(Queen Victoria) yang telah meninggal. Tetapi, lama-kelamaan tubuh sang suami pun mem.busuk ,dan menyebabkan rasa sakit kepada Queen Victoria. Saat Ash mencoba untuk memperbaiki kerusakan itu,Queen Victoria menolaknya. Dia juga memerankan peran Jahat, Dia bergabung ke Organisasi hitam dan dia lah juga yang memerintahkan penghancuran keluarga Phantomhive. Pada akhirnya pun dia meninggal dunia.

GRIM REAPERS.
Grim Reapers ditugaskan untuk menentukan jiwa seseorang yang akan hidup atau mati. Mereka harus tetap netral, dan tidak diperbolehkan untuk membunuh seseorang hanya untuk kepentingan dirinya sendiri. Sejauh ini semua Grim Reapers ditunjukan untuk memakai kacamata (sempat dibicarakan bahwa jika ada Grim Reapers yang melepas Kacamatanya berarti dinyatakan bahwa mereka telah PENSIUN dari pekerjaan Grim Reapers), membawa Death Skyte, dan bermata kuning).
Grell Sutcliffe.
Pertama kali di perlihatkan, Grell bermain peran sebagai Butler nya Madam Red, dia sering diperlihatkan juga sebagai orang yang ceroboh, dan tak bisa berbuat apa-apa. Tapi sebagai Grim Reapers, dia bisa dibilang sangat handal menggunakan mesin “Gergaji” nya untuk mengumpulkan jiwa-jiwa seseorang. Grell juga sering bertingkah seperti gay, apalagi saat dia sedang bersama Sebastian, dan terkadang sikapnya itu suka membuat Sebastian menjauh darinya .
Pertama kali dia bertemu Madam Red saat Madam red sedang melakukan pembunuhan kepada seorang mantan pasiennya(madam red) , mengetahui hal itu, Grell malah membantu Madam Red dalam melakukan Pembunuhan, dan sejak itu, mereka dikenal dengan sebutan “Jack the Ripper”. Sebenarnya setelah Sebastian dan Ciel berhasil mengetahui bahwa mereka adalah pelaku Jack the Ripper, Sebastian hampir berhasil membunuh Grell ,tapi William T. Spears (salah seorang Shinigami) berhasil menghentikannya.
Sejak itu, karena Grell telah melanggar peraturan-peraturan sebagai Grim Reapers, Death Skyte (Mesin Gergaji) nya pun diambil oleh William, dan sebagai gantinya dia harus menggunakan Gunting sebagai senjatanya . Di dalam Anime nya, William mengembalikan “Mesin Geraji” nya saat mereka sedang sibuk mengumpulkan jiwa orang-orang yang mati (ending of season 1).
William T. Spears.
William adalah Shinigami(Grim Reapers) yang mempunyai peringkat tertinggi, dan termasuk bagian dalam Dispatch Management Division. Dia kembali ke Dunia manusia untuk menjemput Grell dan memberinya hukuman.
Dia (dari hati yang terdalam) sangat membenci para Demon, dan (sejujurnya) dia agak membenci dirinya sendiri setelah dia harus meminta maaf kepada Sebastian karna kelakuannya Grell. Dia tidak ahli dalam hal membaur, entah itu dengan sesama Shinigami, Demons, ataupun Manusia. Dia dengan mudahnya dapat berbicara tentang Demon dan Shinigami kepada manusia, tetapi manusia yang mendengar hal itu hanya menganggap itu adalah gurauan semata. Senjata nya berupa Pemotong dalam dua sisi yang dapat menjangkau kepanjangan yang sangat jauh/tinggi.
UnderTaker.
Di dalam Anime nya, UnderTaker adalah seorang Legendary Grim Reapers yang telah pensiun, dan dia juga sangat dihargai oleh William T. Spears.
Walaupun dia telah Pensiun, tetapi dia masih bisa memasuki Perpustakaan Grim Reapers dan dia memiliki kemampuan untuk mengubah isi buku menggunakan barang yang dikenal sebagai “Death Bookmark” / Penunjuk kematian, yang biasanya hanya dipunyai oleh Pejabat tertinggi di tingkat Manajement.
Sebenarnya, setelah dia meminjam buku dari Perpustakaan tersebut, dia jarang mengembalikan buku-buku itu. Dia sering bekerja sama dengan Ciel, terutama jika Ciel sedang mencari informasi-informasi tentang korban pelaku pembunuhan, dan UnderTaker yang bekerja sama dengan “UnderWorld” dapat memberitahu kan informasi-informasi yang tepat untuk Ciel. Senjata nya sebagai mantan Grim Reapers adalah Sabit panjang bertangkai tengkorak.
Ronald Knox.
Ronald Knox adalah Shinigami termuda diantara semuanya, dia digambarkan sebagai seseorang yang santai dan suka bersosialisasi. Senjata Shinigami yang dia punyai adalah alat semacam “Mesin Pemotong Rumput”, Dia menghormati orang-orang yang lebih tua darinya, seperti memanggil mereka dengan sebutan “Senpai” ,”Senior”,bahkan orang yang “Suka membuat onar” seperti Grell pun ia hormati, dia juga sebenarnya tidak menyukai Demons, tapi tidak separah seperti senior nya,William.
Angela and Ash.
Di dalam Anime nya,mereka dikenal dnegan “Hermaphrodite” dengan dua kepribadian. Mulanya mereka di kenalkan dengan 2 orang yang berbeda, yang satu bernama “Angela Blanc” (Maid yang selalu di tindas oleh Majikannya, Lord Henry Barrymore of Houndsworth) dan “Ash Landers” (Butler nya Queen Victoria,yang menyerahkan segala urusan/pesan dari Queen Victoria kepada Phantomhive, dia tersambung dengan Organisasi yang ingin melenyapkan keluarga Phantomhive).
Namun di akhir episode Black Butler 1, di ketahui bahwa dia adalah seorang malaikat. Dia memiliki obsesi untuk memurnikan jiwa yang “Tidak bersih” dengan Emosi Negatif. Dia juga ingin Sebastian mengakui dirinya sebagai Perempuan dan ingin memiliki tempat di sisinya dalam upaya mendominasi dunia. Sebastian berkomentar tentang “Malaikat yang Jatuh” dan akhirnya, dia terbunuh oleh Tubuh asli Sebastian (sebagai iblis).

Trancy Estate.
Seperti hal nya keluarga Phantomhive,Trancy pun bekerja untuk sang Ratu. Jika Phantomhive dipanggil sebagai “The Queen’s WatchDog” ,Trancy dipanggil sebagai “The Queen’s Spider”. Tugas Phantomhive dapat dibilang untuk “Mengirim masalah Ratu ke dalam Kegelapan”, sedangkan Tugas Trancy adalah “Menghancurkan masalah tersebut di dalam kegelapan” .
Earl Alois Trancy.
Lelaki berambut Pirang yang sepertinya sangat Periang, padahal sebenarnya dia adalah seorang yang cukup mengerikan dan menyukai manipulatif. Alois juga mempunyai Kontrak dengan seorang iblis, layaknya Ciel dan Sebastian. Tetapi tanda Kontraknya dapat kita temukan di “Lidah” nya. Tidak seperti Ciel yang memperlakukan Sebastian seperti Ksatria/Pelayannya,sedangkan Alois sangat bergantung kepada Butler nya itu, sempat terlihat bahwa Alois memerintahkan Butlernya untuk tetap disampingnya,dan tidak meninggalkannya didalam kegelapan (Alois takut dalam Kegelapan, karna trauma dimasa lalunya. Dan Dia juga berbeda dengan Ciel yang menutupi kontraknya sebisa mungkin, Alois sering terlihat memamerkan tanda dilidahnya itu sesering mungkin.
Claude Faustus.
Seperti Halnya seorang Butler,ia pun mengenakan pakaian Butler berwarna Hitam, ia jarang menunjukan Emosi apapun,dia mengerjakan segala sesuatunya dengan mudah dan Bagus. Dia mempunyai selogan yang hampir sama dengan Sebastian, setiap kali Alois memerintahkannya, ia akan menjawab dengan jawaban “Yes,Your Highness“(sedangkan Sebastian “Yes,My Lord“). Dia mempunyai ketertarikan terhadap Jiwa nya Ciel,dia rela melakukan hal licik apapun agar mendapatakan jiwa nya Ciel. Ia punditunjukan lebih “Kejam” dalam mengurusi hal-hal sepele/tidak sepele dari pada Sebastian yang bersikap fleksible dalam mengurus apapun..
Hannah Annafellows.
Dia adalah Maid dan Pelayannya Alois. Dia memakai perban di mata Kirinya karna Accident di episode pertama Season 2. Walaupun dia seorang Perempuan,tapi dia mampu bertarung dengan sangat hebat,dan dia pun mempunyai “Pedang Iblis” yang sangat tajam didalam tubuhnya,yang pernah Claude keluarkan dalam episode 8. Dia juga seorang Demon.
Dia adalah Demon yang pernah berkontrak dengan adiknya Alois (luka) ,dan dia pun mempunyai “Anak buah” tersendiri. Dia mengetahui apa yang Alois inginkan, kasih sayang, kehangatan,dan sebuah Cinta, maka dari itu, Hannah pun sebenarnya tetap setia kepada Alois sampai akhir hayat.
Triple Servant.
Pelayan-pelayan ini selalu siap melakukan segala hal yang diperintahkan oleh Claude,karna mereka kembar tiga dan sikap mereka pun “hampir sama”, jadi memang sulit untuk dibedakan.
- Thompson (Yang suka berdiri di sebelah Kanan)
-Timber (Yang suka berdiri di Tengah)
-Canterbury (yang suka berdiri di sebelah Kiri).
Seperti Hannah,mereka sepertinya sangat takut akan Alois. Dan tidak seperti Pelayan di keluarga Phantomhive, mereka *triple servants* sangat ahli di dalam pekerjaan rumah. Mereka tentu saja dapat berbicara,tapi sepertinya tindakan mereka dibatas untuk menyenangkan Alois.
Mereka adalah Bawahan nya Hannah,dan tentu saja mereka adalah Demon,tetapi,ditunjukan bahwa mereka bertiga akhirnya Mati saat sedang melawan Sebastian dan Grell.