Rabu, 13 Februari 2013

FULL METAL ALCHEMIST


Director : Yasuhiro Irie
Writer : Hiroshi Onogi
Studio : Bones
Genres : action, adventure, comedy, drama, fantasy, psychological.

Story :
Berlatar di sebuah dunia dimana alchemy menjadi cabang pengetahuan yang berkembang pesat. Latar waktunya kira-kira sama ketika masa Revolusi Industri. Alchemy adalah pengetahuan yang mempelajari bagaimana mentransmutasi suatu barang dari elemen yang ada di alam berdasarkan hukum equal trade, dimana untuk menciptakan sesuatu harus dibayar oleh sesuatu yang senilai.
Kisahnya sendiri merupakan kisah kehidupan dua bersaudara, Edward dan Alphonse Elric yang tinggal di desa kecil Risenbool, di wilayah timur negara Amestris. Awalnya hidup bahagia dengan orang tua mereka. Tetapi karena pekerjaan ayahnya adalah alkemist (ahli kimia), ayahnya yang bernama Van Hohenheim sering bepergian keluar rumah, sehingga Ed dan Al hanya tinggal bersama ibunya, Trisha Elric. Karena terlalu lelah mengurus rumah sendirian, Trisha jatuh sakit dan akhirnya meninggal. Ed dan Al yang saat itu masih kecil, namun sudah mewarisi bakat ayahnya sebagai alkemist mencoba menghidupkan kembali sang ibu melalui transmutasi manusia. Tetapi Transmutasi mereka gagal, bahkan menciptakan sesuatu yang tak dapat disebut manusia. Tubuh Al diambil sebagai "biaya masuk" karena transmutasi manusia adalah hal tabu dalam alkimia. Ed yang panik akhirnya memindahkan roh Al ke dalam baju zirah dengan bayaran tangan kanannya dan kaki kirinya.
Hari-hari Edward selanjutnya dipenuhi oleh penyesalan dan keputusasaan. Sampai suatu hari seorang perwira militer, Letnan Kolonel Roy Mustang, bersama bawahannya Letnan Riza Hawkeye mendatangi mereka untuk menawari Ed jabatan Alchemist Negara. Sebagai seorang alchemist, Roy Mustang menyadari apa yang kedua bersaudara itu coba lakukan. Ia marah, tetapi akhirnya ia memahami mereka dan memutuskan untuk merahasiakan hal ini. Kemudian, Roy Mustang menawari Edward untuk mengikuti tes Alchemist Negara. Jika lulus, ia akan mendapat dana penelitian, hak-hak istimewa dari pemerintah, dan juga akses ke berbagai dokumen rahasia. Hak ini akan sangat membantu mereka untuk menemukan cara mengembalikan tubuh mereka. Tetapi, sebagai gantinya, seorang Alchemist Negara harus patuh sepenuhnya pada Militer. Akhirnya, Edward memutuskan untuk memilih jalan berat sebagai Alchemist Negara mendapatkan info tentang Philosopher's Stone.
Dengan tangan dan kaki buatan, yang disebut automail, Ed mengikuti tes ujian alchemist kenegaraan dan lulus sebagai alchemist kenegaraan termuda dalam sejarah dan mendapat julukan Fullmetal Alchemist. Sejak saat itu, dimulailah perjalanan panjang Ed dan Al untuk mengembalikan tubuh mereka.
Dalam petualangan mereka, mereka menemukan bahwa militer bekerja sama dengan Homunculus (manusia buatan) untuk menghancurkan Amestris. Homunculus-homunculus tersebut diperintahkan secara khusus oleh orang yang disebut dengan julukan "Ayah." Ayah ini adalah Homunculus pertama yang ada di dunia.
Pada awalnya, dahulu sekali homunculus ini pertama tertangkap dalam sebuah botol kecil di sebuah laboratorium tempat seorang pemuda bernama Hohenheim bekerja sebagai pembantu. Hohenheim yang menemukan homunculus lantas memberikannya sedikit darah agar tetap hidup. Mereka pun bersahabat, dimana homunculus mengajarkan ilmu kepada Hohenheim yang saat itu tidak bisa baca tulis. Homunculus yang mempunyai ilmu pengetahuan membuat Hohenheim muda menjadi seorang manusia cerdas dan berpendidikan. Ia tidak lagi menjadi pembantu melainkan seorang ilmuwan jenius.
 Namun sebuah peristiwa akhirnya terjadi, dimana suatu hari raja Cselk Cess meminta kehidupan abadi pada Hohenheim. Homunculus pun memberi tahu caranya agar Hohenheim membuat lingkaran transmutasi untuk raja Cselk Cess. Namun bukan hidup abadi yang didapatkan raja tersebut, melainkan raja dan seluruh anak buahnya yang hadir malah menjadi korban lingkaran transmutasi itu dalam pembuatan batu filsuf (philosopher's stone). Karena dulu Van Hohenheim menolong Homunculus, maka Homunculus memberikan hidup abadi kepada Van Hohenheim sebagai imbalan dengan menggunakan setengah batu bijak. Setengahnya lagi dipakai oleh Homunculus untuk mengubah dirinya menjadi mirip seperti Van Hohenheim.
Cerita pun bergulir hingga bertahun-tahun kemudian. Homunculus yang berwujud Hohenheim menjadi penguasa Amestris dari balik layar. Ia yang dijuluki “Ayah” menciptakan 7 homunculus lain dari darahnya yang mewakili 7 dosa manusia, Envy (iri), Lust (nafsu), Wrath (amarah), Pride (bangga), Gluttony (rakus), Sloth (malas), dan Greed (tamak). Mereka bergerak dengan sangat rahasia yang bahkan salah seorang dari homunculus tersebut, yakni Wrath menjadi presiden Amestris dengan mengambil bentuk King Bradley. Para Homunculus ini memiliki kekuatan mengerikan dan memiliki tato uroboros pada bagian tubuh mereka.
Untuk mencegak “Ayah” dan para Homunculus menghancurkan Ametris, Ed, Al besera teman-temannya berusaha keras mengalahkan musuh. Lalu akhirnya, setelah berhasil mengalahkan semua Homunculus dengan mendapat bantuan dari gurunya, pihak militer, orang-orang dari Xing, dan Hoenheim yang akhirnya muncul. Kini Edward harus behadapan dengan “Ayah”. Di babak akhir pertarungan, saat Edward yang terpojok dan hampir mati oleh serangan “Ayah”, Alphonse menggunakan alchemist terakhirnya yaitu mengorbankan tubuh zirahnya dan mengembalikan tangan kanan Edward seperti semula. Berkat itu, Edward memiliki alasan besar untuk melenyapkan Homunculus.
Edward yang tidak rela kehilangan adiknya, menemukan cara mengembalikan tubuh Alphonse, yaitu dengan melakukan transaksi pada penjaga gerbang ‘kebenaran’ yang menahan tubuh Al sewaktu melakukan transmutasi manusia dulu. Dia mengorbankan bakat alchemistnya dan berhasil mengembalikan tubuh Alphonse seperti semula. Akhirnya mereka berdua kembali Risenbool, dan saat itu pula Hohenheim tewas di depan makan Trisha.



Karakter

Edward Elric
Edward Elric adalah tokoh utama cerita ini. Ia adalah seorang yang tempramental dan mudah terpancing emosi. Badannya yang pendek membuat ia dijuluki "pendek" oleh setiap orang yang melihatnya (dan dia selalu marah karena itu). Kadang-kadang, orang salah kira, apakah Al kakaknya atau adiknya, karena Al jauh lebih tinggi daripada dia. Meski begitu, ia sangat menyayangi adiknya, Al karena merupakan keluarganya satu-satunya. Ed sangat benci pada ayahnya karena menurutnya ayahnya adalah penyebab ibunya meninggal. Apalagi karena ayahnya selalu cuek dan tidak peduli. Ed merupakan salah satu dari korban ransmutasi, kaki kiri dan tangan kananya diambil untuk dikembalikannya nyawa Al.
Alphonse Elric
Kebalikan dari kakaknya, Alphonse (Al) adalah orang yang sangat lembut dan pencinta kucing. Ia sering menahan agar kakaknya tidak cepat marah. Al pernah ragu apakah dia benar-benar ada atau ia cuma ciptaan Ed semata (karena hasutan Barry the Chopper). Namun akhirnya dia sadar dan yakin bahwa kakaknya benar-benar menyayanginya. Tubuh Al diambil sebagai bayaran masuk ke lingkaran transmutasi.
Winry Rockbell
Winry adalah teman Ed dan Al semasa kecil. Orang tua Winry adalah dokter yang bertugas pada saat perang Ishvall (Ishvall Massacre). Orang tua Winry terbunuh pada saat itu (pembunuh orang tua Winry adalah Scar), dan akhirnya Winry hanya hidup berdua bersama neneknya, Pinako Rockbell. Winry adalah ahli mekanika automail nya Ed. Dia dan neneknya adalah pembuat automail Ed.

 

Militer Kenegaraan

Roy Mustang
Roy Mustang adalah kolonel (taishan) yang juga alkemist (alchemist-orang yang bisa menggunakan kekuatan alchemy) negara. Julukannya adalah Flame Alchemist. Ia adalah salah satu alchemist terkuat di Amestris walaupun alchemy-nya kadang-kadang terhalang masalah hujan (seperti ketika ia bertemu Scar di East City) Ia masuk militer karena ia ingin melindungi negaranya dan semua orang yang ada di dalamnya. Impiannya ini mendapat ujian ketika ia terjun ke perang Ishvar, yang sering disebut sebagai ajang pembantaian. Walaupun ia dijuluki pahlawan perang Ishvar, ia dihantui tragedi di Ishvar. Sejak saat itu, ia bercita-cita menjadi Fuhrer untuk mengubah negaranya dan membawanya menuju kedamaian. Tekad kuatnya membuat banyak orang yang bersimpati dan mendukungnya, dan tidak sedikit yang setia kepadanya. Roy merupakan salah satu alchemist yang dipilih para homunculi untuk menjadi tumbal, walaupun ia baru benar-benar menjadi kandidat setelah ia melakukan transmutasi manusia dan membuka gerbang karena paksaan Pride. akibat dari hal itu, roy mengalami "kebutaan".
Riza Hawkeye
Riza adalah Letnan Pertama (chu'i) di Militer. Ia merupakan tangan kanan Roy Mustang dan selalu berada di samping Roy Mustang. Selain itu, dia merupakan penembak jitu yang handal dan disebut "Si Mata Elang" di kemiliteran. Sebenarnya, ia adalah anak perempuan guru alchemy Roy. Setelah kematian ayahnya, ia memberikan catatan rahasia penelitian ayahnya pada Roy dan dengan begitu menjadikan Roy seorang Flame Alchemist. Ia dan Roy memiliki ikatan kepercayaan yang kuat. Begitu kuatnya sampai Roy meberinya izin untuk menembaknya jika ia menilai Roy telah meninggalkan jalan yang mereka perjuangkan, jalan untuk mengubah negara mereka. Ia selalu bersikap lembut dan akrab dengan Edward dan Alphonse. Ia juga akrab dengan Winry.
Maes Hughes
Hughes berpangkat Letnan Kolonel yang merupakan sahabat Roy Mustang. Mereka sudah bersahabat sejak masih di akademi militer dan bertemu kembali di perang Ishvar. Walaupun pekerjaannya lebih banyak di depan meja, ia seorang petarung andal yang ahli dalam menggunakan pisau. Dia merupakan maniak keluarga, dan sangat sayang pada keluarganya, yaitu istrinya, Gracia dan anak perempuannya Elicia. Ia selalu menjenguk Edward saat Edward masuk rumah sakit di Central. Winry juga dekat dengan Hughes dan keluarganya, terutama dengan anaknya, Elicia. Pekerjaan Hughes di Mahkamah Militer membuatnya selalu berurusan dengan dokumen militer. Hal inilah yang membuat ia menyadari dengan cepat rencana para Homunculi untuk menciptakan transmutation circle raksasa yang melingkupi seluruh Amestris. Pada saat itu juga ia mencurigai hubungan antara King Bradley dengan para homunculi. Hughes dibunuh oleh Envy yang mennggunakan wujud istrinya, Gracia, saat ia berusaha menyampaikan penemuannya itu pada Roy.
Alex Louis Armstrong
Alex Armstrong adalah seorang Mayor yang juga seorang alchemist negara. Ia adalah anak kedua dari keluarga Armstrong. Walaupun ia seorang anggota militer yang juga alchemist negara, ia memiliki hati yang lembut dan sering tidak cocok dengan kebijakan militer yang "semena-mena dan tidak mengenal belas kasihan". Hal inilah yang membuatnya ditarik mundur dari perang Ishvar setelah menolak perintah untuk melanjutkan pembantaian warga Ishvar. Ia dekat dengan Elric Brothers dan termasuk salah seorang yang mendukung Roy Mustang. Ia memiliki seorang kakak perempuan walaupun mereka berdua sangat tidak akrab.
Olivia Milla Armstrong
Mayor Jenderal Olivia Armstrong adalah kakak perempuan dari Alex Armstrong dan satu-satunya jenderal wanita di Amestris. Berkebalikan dengan adiknya, ia orang yang dingin dan tidak mudah mempercayai seseorang. Ia bertanggung jawab atas Benteng Briggs yang menjaga perbatasan utara antara Amestris dan Drachman. Reputasinya dalam pertempuran dengan Drachman membuatnya dijuluki "Northern Cliff of Briggs". Walaupun ia selalu bersikap dingin dan keras pada bawahannya, pendirian dan kepribadiannya membuat para prajurit Briggs amat setia padanya. Ia terlibat dalam konflik dengan para homunculi sejak Elrics Brother mendatangi Briggs untuk meminta bantuannya dan juga karena Sloth, homunculus yang bertugas membuat transmutation circle raksasa, menerobos masuk ke bentengnya. Ia tidak menyukai Roy Mustang karena ia memandang Roy sebagai saingannya untuk mendapatkan posisi Fuhrer.



Homunculus
Kehadiran para homunculus yang misterius telah menjadikan cerita serial Fullmetal Alchemist menjadi lebih kelam dan dalam. Makhluk-makhluk tersebut seakan menjadi misteri yang harus Edward pecahkan setapak demi setapak sejak awal kisah. Ditambah masa lalu yang kelam dan kenyataan yang mengejutkan menjadikan kelompok antagonis satu ini adalah merupakan yang terbaik dalam segi penceritaan.
Envy
Makhluk berwujud anak remaja ini memiliki kemampuan untuk berubah wujud. Dengan kekuatannya yang mengerikan itu, ia menjadi penyebab paling mendasar terjadinya perang Ishvall. Dimana ia yang menembak seorang anak hingga tewas dengan menyamar sebagai tentara amestris yang menyebabkan suku Ishvall marah dan memicu peperangan. Dia bunuh diri karena malu atas kebaikan Edward yang simpati padanya.
Gluttony
Seperti namanya, Gluttony berbentuk homunculus gendut berkepala botak yang sangat rakus dan memakan apapun yang ada di depannya. Meskipun terlihat bodoh, namun jika sudah marah, perut Gluttony akan terbuka menampilkan bagian dalam yang hitam dengan sebuah mata besar ditengahnya. Dan seperti sebuah lubang hitam, apapun yang ada disekitarnya akan tertelan oleh portal tersebut. Sementara orang yang tertelan kedalam perutnya akan masuk ke dimensi lain dan membusuk di dalamnya.
Lust
Lust yang mati dibunuh Roy Mustang ini adalah homunculi yang sangat cantik. Ia menyamar menjadi perempuan bernama Solaris dan memacari Jean Havoc untuk mengetahui rahasia militer. Sebagai seorang homunculus, Lust memiliki kekuatan Ultimate Spear dimana dapat menciptakan tombak yang sangat tajam untuk mencabik musuhnya. Riwayatnya berakhir setelah Lust mati terbakar oleh Flame Alchemist Roy Mustang.
Sloth
Sloth adalah Homunculus yang diciptakan untuk menggali pertambangan yang membentuk lingkaran transmutasi, sehingga seluruh negeri Amestris dikelilingi lingkaran transmutasi. Lingkaran transmutasi ini direncanakan oleh "Ayah" untuk membuat batu bijak dengan kurban semua orang yang ada di Amestris.Sloth merupakan homunculus dengan kekuatan fisik terkuat, bahkan dibalik besarnya badan, ia mampu bergerak dengan cepat. Riwayatnya tamat di tangan Amstrong bersaudara dan suami istri Curtis.
Wrath
Menjalani hidup sebagai manusia meskipun seorang homunculus, ia adalah Fuhrer alias Presiden di Amestris (King Bradley). Dia menjadi homunculus karena pada saat pemilihan Fuhrer, ia adalah satu-satunya orang yang tetap hidup meskipun disuntikkan Philosopher's Stone, batu legenda yang merupakan inti homunculi. Wrath memiliki keahlian berpedang yang sangat mengerikan karena pedangnya dapat memotong apapun, bahkan tank sekalipun. Tato uroboros yang merupakan tanda homunculus terletak pada mata kirinya yang selalu memakai penutup mata. Karena homunculi tidak bisa ber reproduksi , ia mengadopsi anak angkat yang juga seorang homonculus, yakni Pride.
Pride
Merupakan homunculus yang diciptakan pertama dan berkekuatan paling mengerikan karena berbentuk bayangan.Pride awalnya dikenal sebagai Selim Bradley anak adopsi dari King Bradley. Hingga pada suatu ketika, Hawkeye yang akan menyampaikan surat untuk King bertemu dengan Selim. Pada saat itulah Selim dengan tenangnya mengakui bahwa dirinya homunculus yang bernama Pride. Awalnya Pride mempunyai kelemahan tanpa cahaya, berkat menelan Gluttony, dia bisa bergerak dalam kegelapan.
Greed
Mungkin karena mewakili sifat tamak, Greed merupakan homunculus yang menolak diperintah dan lebih suka menjalani kehidupannya sendiri untuk memuaskan ketamakannya, dengan kalimat favoritnya "aku ingin segalanya yang ada di dunia ini". Homunculus yang mampu melapisi tubuhnya dengan lapisan keras yang sangat kuat ini pernah menjadi lawan Edward duel satu lawan satu dan sangat sulit untuk dilumpuhkan. Namun dihadapan King Bradley atau Wrath, Greed tak berkutik. Greed adalah satu-satunya Homunculus yang berkhianat. Ia mati oleh "Ayah" dan kemudian  dibentuk lagi, tetapi dengan mengambil tubuh Lin (Pangeran dari negeri Xing) dan membantu Ed dan Al menumpas rencana "Ayah".
Haoem
Dia adalah Homunculus pertama kali yang ada di dunia, atau biasa di sebut “Ayah”.


Sebuah manga dimana para tokohnya menulis sendiri kisah mereka. Itulah pendapat para penggemar manga mengenai serial ini. Hampir semua penggemar manga, termasuk orang yang sudah jadi fans manga lain, angkat topi untuk manga yang satu ini. Pendalaman karakter dan alur kisah yang top merupakan keunggulan manga ini. Gabungan antara drama, humor, dan tragedi (hah!) membuatnya menjadi karya yang hebat. Di satu saat kita bisa tertawa terbahak, di saat lain kita menahan napas karena tegang, tiba-tiba kita bisa shock karena kejutan dalam cerita.
Tema cerita yang menyentuh adalah kekuatan lain cerita ini. Kasih sayang keluarga, rasa sakit kehilangan orang yang disayangi, persahabatan, kesetiaan, dan yang paling oke, kekejaman perang dan harapan akan perdamaian. Tema kekejaman perang adalah yang paling menyentuh bagiku. Bagaimana perang Ishvar memberi pengaruh luar biasa bagi Riza, Hughes, dan terutama Roy. Bagaimana kengerian perang mencabik impian Roy saat ia masuk militer dan justru memberinya tujuan baru untuk memenuhi mimpinya itu. Tidak sia-sia Arakawa-sensei melakukan wawancara mendalam dengan berbagai veteran perang!