Rabu, 13 Februari 2013

DRAGON BALL


Dragon Ball adalah sebuah manga dan anime Jepang yang dikarang oleh Akira Toriyama dari tahun 1984 sampai 1995. Albumnya terdiri dari 42 buku dan di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Manga Dragon Ball yang ber Genre: Aksi, Petualangan, Komedi, Drama, Fantasi, dan Fiksi ilmiah ini terdiri dari dua pembagian utama, namun dalam pembagian tersebut masih bisa dibagi-bagi lagi yaitu:
  • Dragon Ball (saat Goku masih kecil sampai Goku mengalahkan Picolo)
  • Dragon Ball Z
    • Saiyan Saga
    • Frieza Saga
    • Android Saga
    • Buu Saga

Dragon Ball
Dragon Ball adalah 7 buah bola kristal yang tersebar di seluruh dunia, bola tersebut berwarna jingga yang terdapat pola bintang di dalamnya, apabila seseorang berhasil mengumpulkan 7 buah Dragon Ball maka akan muncul sebuah dewa naga yang mampu mengabulkan sebuah permintaan apa saja, bahkan termasuk menghidupkan orang mati. Serial ini bercerita tentang seorang bocah bernama Goku yang hidup di tengah gunung sendirian. Dia lalu bertemu dengan Bulma, seorang gadis muda jenius, yang berusaha mengumpulkan 7 bola ajaib yang dinamakan Dragon Ball.
Dalam perjalanannya bersama Bulma mencari Dragon Ball, Goku harus berhadapan dengan banyak rintangan, salah satunya adalah dari Tentara Pita Merah. Kelompok ini mempunyai keinginan yang sama dengan Goku dan Bulma yaitu mendapatkan ke-7 Dragon Ball.

Dragon Ball Z

Dragon Ball Z dimulai pada saat setelah "timejump" yaitu tepatnya setalah Goku menjadi remaja/dewasa. Pertama kali terlihat pada pertandingan Tenka Ichi Budokai atau di sebut pertarungan bela diri sejagat, yang diadakan 5 tahun sekali (kemudian menjadi 3 tahun sekali). Peserta datang dari berbagai jenis ras dan dengan bermacam -macam tujuan, ada yang ingin menguji sejauh mana kemampuan bertarungnya, ada yang berharap pada uang yang didapat, ada yang memang bertujuan untuk menghabisi lawannya.
Goku lalu bertemu lagi dengan Chi-Chi yang pada masa kecil berjanji untuk menikah. Singkat cerita, di final Goku harus berhadapan dengan Piccolo muda. Setelah Goku mengalahkan Piccolo, dia lalu memulai keluarga dengan Chi-Chi.

Saiyan Saga

Goku yang telah berkeluarga, memiliki seorang anak yang bernama Gohan, nama ini diambil dari mendiang kakek Goku. Ketika Goku yang sedang mengajak Gohan mampir di Kame House, tiba-tiba bumi dikejutkan kedatangan bangsa Saiya yang bernama Raditz, akhirnya diketahui bahwa dia adalah kakak kandung Goku. Dia menceritakan asal-usul Goku yang ternyata berasal dari planet Vegeta, sekaligus nama aslinya, Kakarot.
Tujuan Goku dikirim ke bumi adalah untuk memusnahkan penduduk bumi yang kemudian planet Bumi akan dikuasai oleh bangsa Saiya. Karena menolak melaksanakan perintah kakaknya, Raditz menyandera Gohan. Karena tidak mampu mengalahkan sendirian Goku meminta Piccolo bergabung. Akhir pertarungan Goku tewas berkorban bersama Raditz. Namum sebelum mati, melalui scouter Raditz memberitahukan kepada dua orang bangsa Saiya lainnya yang akan datang ke Bumi setahun mendatang. Scouter adalah alat canggih berbentuk kacamata, yang digunakan untuk berkomunikasi oleh para Saiya, dan juga mampu untuk mendeteksi level tarung seseorang.
Piccolo lalu mengambil Gohan untuk dilatih menghadapi bangsa Saiya yang akan datang tersebut. Dia melatih Gohan tanpa belas kasihan. Akhirnya tiba saat penentuan. Sementara itu Goku berlatih di dunia orang mati bersama King Kai, agar bisa menghadapi musuh berikutnya.

Frieza Saga

Setelah pertempuran dengan Vegeta dan Nappa di bumi, yang memakan korban para Z-fighters, temasuk Piccolo, maka Dragon Ball pun turut musnah. Setelah berdiskusi dengan King Kai, diketahui bahwa di planet Namek, planet asal dari Piccolo masih terdapat spesies bangsa Namek yang masih hidup dan berkembang. Dengan demikian para Z-fighters berharap ada Dragon Ball di planet tersebut dan berangkat dengan pesawat luar angkasa bangsa namek asli yang membutuhkan waktu sekitar 3 bulan untuk sampai ke planet Namek. Setelah sampai di planet Namek, planet itu ternyata sudah dijajah oleh Frieza dan kroni-kroninya yang mempunya power level jauh lebih kejam dan lebih kuat dari Vegeta. Bahkan alat komunikasi dan pesawat luar angkasa mereka dihancurkan.
Sementara itu di Bumi, Goku yang masih terbaring di rumah sakit, mendapat kunjungan dari Yajirobe yang memberikan kacang ajaib yang disebut kacang Senzu yang berkhasiat tidak hanya mengenyangkan saja tetapi dapat menyembuhkan segala macam penyakit, patah tulang, pendarahan dalam, patah leher, kejang kejang, pegel linu dan masuk angin dengan seketika. Setelah sembuh segera ia menyusul Bulma, Gohan dan Krillin yang telah berangkat lebih dahulu dengan pesawat lebih canggih yang dibuat berdasarkan pesawat bangsa Saiya, hanya membutuhkan waktu sekitar 1 bulan. Dalam perjalanannya Goku berlatih di dalam pesawatnya yang telah dilengkapi mesin gravitasi x 100 oleh bantuan Dr. Briefs (ayahnya Bulma).
Dalam pertengahan cerita, Vegeta terpaksa bergabung dengan Z-fighters demi mengalahkan Frieza. Namun akhirnya tewas oleh Frieza, setelah ia menceritakan legenda Super Saiyan kepada Goku. Akhir cerita, Goku akhirnya berubah menjadi Super Saiyan namun hanya sekejap karena pada saat pertarungan berakhir, ternyata planet Namek meledak hancur berkeping keping.

Android Saga

Setelah planet Namek meledak. Mendadak Z-fighters dikejutkan oleh kedatangan seorang pemuda yang menghabisi Frieza dengan wujud Super Saiyan. Bahkan lebih mengejutkan ia mengatakan bahwa Goku masih hidup dari ledakan di planet Namek.
Setelah menanti selama 3 jam, akhirnya Goku sampai di bumi, dan si pemuda misterius itu mengungkapkan (hanya kepada Goku) bahwa ia adalah pemuda dari masa depan yang bernama Trunks. Ia mengatakan bahwa pada waktu XXX akan muncul dua androids yang sangat hebat dan sadis yang membuat masa depan seperti neraka, bahkan dalam wujud Super Saiyan sekalipun mereka tidak tertandingi dan membunuh seluruh Z-fighters. Trunks adalah satu-satunya petarung terakhir yang tersisa di masa depan, Ia bercerita bahwa Goku di masa depan bukanlah terbunuh oleh android melainkan oleh suatu penyakit. Demi mencegah masa depan yang dialaminya, dia datang dengan mesin waktu dan memberikan obat dari masa depan untuh mengubah sejarah.
Dari garis waktu yang menyimpang tersebut, muncul lagi dua android yang tidak diketahui, yaitu Android #19 dan Android #20 (Dr. Gero) yang memiliki dendam kepada Goku karena pada waktu kecil, Goku telah menghancurkan Red Ribbon Army (Tentara Pita Merah). Mereka sangatlah kuat. Android #20 nyaris membunuh Yamcha dengan menyerap habis energinya.Tetapi bisa diselamatkan dengan kacang senzu. Sementara Goku memulai pertarungannya dengan Android #19. Tetapi Android #19 lebih kuat dari Goku. Goku hampir terbunuh sama halnya dengan Yamcha. Akan tetapi,tiba-tiba penyakit jantung yang pernah diceritakan oleh trunks menyerang Goku lebih awal dari yang diperkirakan. Yamcha langsung membawa dan merawat Goku.
Vegeta yang baru saja berlatih di luar angkasa pulang kembali ke bumi dengan kemampuan barunya untuk menjadi super saiya-jin. Ia mengalahkan Android #19 dengan menggunakan jurus Big Bang Attack. Android #20 yang sudah hampir terkalahkan dan terbongkar identitasnya, Kembali ke laboratoriumnya yang terletak di gunung utara untuk mengaktifkan kembali Android #17 dan Android #18. Inilah android yang pernah diceritakan oleh Trunks. Tetapi, mereka lebih kuat dari perkiraan Trunks.Tapi bukan android lah yang menjadi permasalahan, melainkan sebuah robot organik yang bernama Cell. Cell belum sekuat yang dikira, sampai akhirnya di pertengahan cerita, Cell menyedot android 17 dan 18 dan berubah menjadi Cell perfect form.

Buu Saga

Diawali dengan pertandingan bela diri sejagat yang kembali diadakan. Kejuaraan ini diikuti oleh Goku yang sengaja datang dari alam orang mati, Gohan yang menyamar menjadi Great Saiyaman, Vegeta, Piccolo, Krillin, dan lain-lainnya. Hanya Yamcha dan Tien serta Master Roshi yang tidak ikut pertandingan.
Pada saat pertandingan, ternyata ada kejadian dimana lawan tarung Gohan memintanya berubah menjadi Super Saiyan. Ketika berubah menjadi Super Saiyan tiba tiba Gohan disergap oleh dua orang suruhan Babidy. Kedua orang tersebut ditugaskan untuk mencari energi yang besar, yang diperlukan untuk membangkitkan Buu. Monster yang berabad-abad lalu pernah nyaris menghancurkan alam semesta.
Setelah Buu terbebas dari sangkarnya, dengan serta merta tidak ada yang bisa menandinginya. bahkan Vegeta yang sengaja meledakkan energi dalam tubuhnya, hanya mengakibatkan kematiannya saja, dengan Buu tetap bisa hidup.
Gohan yang disangka sudah tewas dalam pertempuran melawan Buu, ternyata berhasil diselamatkan King Kai ke alam Kaioo. Di sana ia berlatih untuk bisa mengalahkan Buu. Sementara Goku yang hanya punya waktu terbatas (karena datang dari alam orang mati) mengajarkan fusion kepada Trunks dan Goten setelah menyadari kekuatan yang dimiliki anak-anak tersebut jika bergabung ada kemungkinan bisa mengalahkan Buu.
Dan dalam pertarungan melawan Buu untuk kesekian kalinya, akhirnya berhasil dimusnahkan dengan jurus Spirit Bomb yang dilemparkan Goku. Namun dalam versi resminya, adalah Mr. Satan (biasa juga disebut Hercule) yang dianggap menyelamatkan bumi, sekali lagi.
17 tahun setelah film Dragon Ball “The Path to Power”’, animasi terkenal karya Toriyama Akira ini akhirnya kembali tayang di layar lebar dalam “Dragon Ball Z Battle of Gods” pada akhir Maret 2013 mendatang. Cerita “Battle of Gods” merupakan bagian dari seri animasi Dragon Ball Z antara chapter 517 dan 518 setelah melawan Majin Boo, yang menceritakan pertarungan Goku dengan Birusu, Dewa Kehancuran yang terbangun dari tidur panjangnya. Birusu yang tertarik dengan Goku karena dapat mengalahkan Freeza, mencari dan mengajaknya berduel. Namun dalam cerita, kekuatan Goku masih belum dapat menandingi Birusu.
Dalam film ini, juga hadir tokoh-tokoh yang sudah dikenal seperti Kuririn, Piccolo, Vegeta, Gohan, Trunks, dan Majin Buu.
Film Dragon Ball yang mengisahkan tentang pencarian tujuh bola ajaib ini memang penuh dengan cerita menarik. Terlebih lagi para jagoan yang akan di tampil dengan berbagai kekuatan yang di miliki masing-masing tokohnya. Tidak hanya itu, dalam pencarian ketujuh bola ajaib tersebut, juga penuh dengan lika-liku dan berbagai tantangan. Mereka akan menggunakan kekuatan yang di miliki untuk memperebutkan bola ajaib tersebut. Berikut ini tokoh yang ada dalam film Dragon Ball Z:
Son Goku
Ia lahir di planet Vegita yang merupakan suku Saiyan. Ia dikirim ke bumi ketika Planet Vegita belum dihancurkan oleh Freezer. Goku adalah Seorang petarung yang baik hati, bukan hanya kepada Teman, bahkan kepada Lawan sekalipun, tak heran kalau Vegita kadang jengkel dengannya karena sifatnya yang terlalu murah hati.
Chichi
Anak perempuan dari Raja Ox. Ayahnya terperangkap di sebuah gunung yang tertutup oleh api. Ia dan Goku menikah setelah kompetisi Tenkai Ichi Bokukai.
Gohan
Ia merupakan anak dari Goku dan Chichi. Setelah Goku terbunuh, Gohan dibawa oleh Picollo untuk menjalani pelatihan agar bisa menghadapi bangsa Saiyan yang akan datang ke Bumi, yaitu Vegita dan Nappa.
Goten
Anak kedua dari Goku dan Chichi. Sifatnya periang, mudah untuk menolak sesuatu. Dia lahir setelah Goku tewas dalam pertempuran dengan Cell sehingga ia tidak pernah bertemu dengan ayahnya sampai ia berumur 8 tahun.
Pan
Ia merupakan anak dari Gohan dan Videl. Ia memiliki kekuatan yang besar saat umurnya masih kecil, namun ia tidak menjadi Super Saiyan.
Bulma
Ia mencari Bola Naga dan ia berharap dapat menemukan seorang pemuda untuk menjadi kekasihnya.

Vegita
Seorang pangeran Saiyajins dari suku Saiyan. Ayahnya, dunianya dan orang-orangnya telah di hancurkan oleh Freezer. Ia sangat cerdas dan memiliki kekuatan yang sangat besar.
Trunks
Merupakan anak laki-laki dari Vegita dan Bulma. Setengah Saiyan dan setengah manusia. Ia membangun sebuah mesih waktu untuk kembali ke masa lampau.
Nappa
Ia adalah asisten dari Vegita.
Freezer
Ia adalah anak dari Raja Cold. Ia memiliki kekuatan yang cukup besar dan yang menghancurkan Planet Vegita. Ia dapat hidup di ruang hampa udara dan dapat berubah menjadi 4 bentuk.
Kuririn
Ia merupakan teman dari Goku. Ia pergi ke Planet Namek bersama Gohan dan Bulma. Ia kadang turut juga dalam pertarungan dan membantu dalam usaha untuk melawan Freezer.
Piccolo
Ia merupakan keturunan dari Piccolo Diamau. Ia bukan seorang pria maupun seorang wanita. Ayahnya adalah seorang iblis. Ia lahir untuk membunuh Goku.