Rabu, 13 Februari 2013

BLEACH

History
BLEACH adalah serial manga yang dikarang oleh Tite Kubo, mangaka dari Zombie Powder. Manga Bleach pertama kali diterbitkan bulan Agustus 2001, dalam mingguan Shonen Jump terbitan Shueisa dan berhasil  mendapatkan penghargaan Shogakukan Manga Award dalam kategori manga shonen pada tahun 2005. Semenjak penerbitannya, serial ini sudah diadaptasi menjadi sebuah serial anime, OVA (OriGinal Video Animation), film layar lebar, musikal rock, dan beberapa judul permainan video. Serial Bleach yang bergenre Aksi, shonen, supernatural ini pertama ditayangkan pada tanggal 5 Oktober 2004 diproduseri oleh TV Tokyo, Dentsu, dan Studio Pierrot, dan disutradarai oleh Noriyuki Abe. Sementara desainer karakternya adalah Masashi Kudo, dan komposer musiknya adalah Shiro Sagisu.

STORY
Cerita ini dimulai dengan kehidupan seorang siswa SMA bernama Ichigo Kurasaki di Kota Karakura yang bisa melihat roh. Pada awalnya Ichigo hanya dapat melihat roh biasa dari orang yang sudah meninggal, namun hal itu berubah ketika suatu hari dia bertemu dengan seorang wanita berpakaian kimono hitam di kamarnya. Wanita tersebut merupakan shinigami (dewa kematian) yang bernama Rukia Kuchiki. Kedatangannya disebabkan oleh kekuatan spiritual seekor hollow, sebuah roh yang jahat. Hollow yang dimaksud tiba-tiba datang dan menyerang keluarga Ichigo karena merasakan kekuatan spiritual Ichigo yang besar. Ichigo kemudian terlibat dalam perkelahian dengan hollow yang telah melukai keluarganya, walaupun Rukia yang seharusnya melawan hollow tersebut sudah melarang Ichigo sebelumnya. Karena ketidakmampuan Ichigo untuk mengalahkan hollow tersebut, akibatnya Rukia terluka parah ketika mencoba menolong Ichigo. Untuk mengalahkan hollow itu hanya ada satu cara; yaitu dengan meminjamkan sebagian kekuatan shinigami milik Rukia ke Ichigo. Sayangnya dalam proses tersebut terjadi ketidaksengajaan, Ichigo mengambil semua kekuatan spiritual Rukia dan membuatnya kehilangan kekuatan shinigami. Akibatnya, Ichigo kemudian menjelma sebagai shinigami dan mengalahkan hollow tersebut.
Hari berikutnya, Rukia muncul di kelas Ichigo sebagai murid pindahan. Apalagi, kali ini Rukia terlihat seperti manusia biasa dan bisa dilihat oleh teman sekelasnya. Rukia memberitahu Ichigo bahwa kekuatan yang ajaib pada roh Ichigo-lah yang membuatnya mampu  menyerap seluruh kekuatannya, dan membuatnya harus berpidah ke dalam gigai (tubuh manusia tiruan). Sementara menunggu kekuatan shinigami-nya pulih kembali, Rukia kemudian memutuskan untuk tinggal sementara di dunia manusia. Ichigo harus menggantikan pekerjaannya menjaga kota Karakura, melawan hollow, dan membawa roh yang gentayangan di dunia manusia menuju Soul Society.
Setelah sekitar dua bulan, akhirnya dua pengejar dari Soul Society datang ke dunia manusia untuk membawa kembali Rukia, yang akan dieksekusi. Karena Rukia telah memberikan kekuatan shinigami-nya yang merupakan kejahatan kelas satu dan juga karena ia terlalu lama tinggal di dunia manusia. Kedua pengejar adalah Renji Abarai (teman masa kecil Rukia) dan Byakuya Kuchiki, yang tak lain adalah kakak Rukia. Ishida Uryu yang pada saat itu keluar tidak sengaja melihat Rukia sedang dikejar oleh Byakuya dan Renji, ia berusaha menolong Rukia akan tetapi oleh Byakuya dikalahkan dalam sekejap dan tak lama setelah itu Ichigo datang untuk menolong Rukia dan  saat Ichigo hampir berhasil mengalahkan Renji, pedang Ichigo patah dan akhirnya Byakuya menghabisi Ichigo dan menghilangkan  kekuatan shinigami-nya dan Rukia pun meninggalkan Ichigo di tengah hujan.
Ichigo yang tersadar akhirnya memutuskan untuk berlatih mengembalikan kekuatannya bersama Urahara di tempat rahasia di dalam toko. Inoue, Chad, dan Ishida pun juga ikut berlatih bersama Yoruichi. Urahara mengatakan bahwa cara yang tercepat untuk menjadi seorang shinigami adalah dengan menyeberang dari hollow. Dan akhirnya Ichigo pun menjadi seorang shinigami dengan kekuatannya sendiri meski ada hollow di dalam rohnya.
Tak lama setelah itu akhirnya mereka berangkat menuju Soul Society. Masuk ke dalam Soul Society bukanlah suatu hal yang mudah, karena ada penjaga dan kubah yang melindunginya. Dengan bantuan Ganju dan kakak perempuannya, Kukaku Shiba, mereka dapat masuk. Ganju pun membantu mereka di dalam. Di Soul Society mereka harus berhadapan dengan kekuatan 13 pasukan divisi shinigami. Bahkan harus berhadapan dengan wakil kapten maupun kapten yang kekuatannya di luar dugaan. Bahkan saat menghadapi Kenpachi Zaraki (kapten divisi 11), Ichigo terluka parah dan pedangnya pun patah. Namun akhirnya Ichigo berhasil bertemu Rukia di menara putih walau hanya sesaat. Pada saat Ichigo bertemu Rukia, Byakuya pun datang dan melawan Ichigo, pada saat itu Yoruichi datang dan membawa Ichigo pergi untuk dilatih bankai oleh Yoruichi.
Ichigo berlatih bankai di bawah tanah bukit Sokyoku dengan bantuan Tenshintai, alat temuan Urahara yang bisa mematerisasikan zanpakuto (pedang pemotog roh) penggunanya sehingga dapat mencapai bankai hanya dalam waktu 3 hari (seharusnya puluhan tahun). Di tengah latihan, tiba-tiba Renji Abarai datang untuk berlatih bankai dengan zanpakutonya yang sudah termaterisasikan berkat  latihan yang dilalui Renji selama beberapa dekade. Renji pun berhasil mencapai bankai sebelum Ichigo dan kemudian melawan Byakuya. Awalnya Renji hampir mengalahkan Byakuya, namun keadaan berbalik sejak Byakuya menggunakan Kido dan mengeluarkan bankainya.
Di pihak lain ternyata ada konfrontasi antara Sosuke Aizen, Gin Ichimaru, dan Kaname Tousen. Masing-masing adalah kapten divisi 5, 3, dan 9. Aizen yang sebelumnya menghipnotis semua orang yang ada di Soul Society dengan menggunakan kekuatan zanpakuto miliknya, berpura-pura telah dibunuh agar semua orang mengira dia mati. Saat itu dia merencanakan untuk mendapatkan Hougyoku (bola arwah yang mempunyai kekuatan luar biasa, yang ditanam Urahara di tubuh Rukia. Toshiro Hitsugaya (kapten divisi 10) yang mengetahui hal ini sempat bertanding dengan Aizen yang sebelumnya telah menusuk wakilnya sendiri (Momo Hinamori).
Setelah Ichigo berhasil berlatih bankai, dia kembali ke tempat eksekusi. Dalam penyelamatan Rukia ini, ternyata kapten divisi 8 (Kyoraku Shunsui) dan kapten divisi 13 (Ukitake Jushiro) membantu Ichigo. Bahkan mereka berhadapan dengan guru mereka sendiri yaitu komandan seluruh kapten (Kapten Divisi 1), Genryusai Yamamoto. Renji Abarai yang sebelumnya berhadapan dengan Byakuya, membawa kabur Rukia. Tak hanya itu, Kenpachi Zaraki yang semula melawan Ichigo pun membantu membebaskan Rukia dan berhadapan dengan Kaname Tousen dan Sajin Komamura (Kapten Divisi 7), mereka berdua mengeluarkan bankai, tapi Kenpachi tidak kalah. Ichigo yang berhadapan dengan Byakuya, dan Byakuya terkejut bahwa Ichigo mempunyai bankai.
Renji Abarai yang membawa Rukia akhirnya dihadang oleh Sosuke Aizen, Gin Ichimaru, dan Kaname Tousen. Dengan kekuatan Tousen membawa mereka kembali ke tempat eksekusi,dan ternyata Urahara menyembunyikan  hougyoku di dalam gigai milik rukia. Tapi semua akhirnya tahu bahwa musuh mereka yang sebenarnya adalah Aizen, Tousen, dan Ichimaru. Di sinilah akhirnya Ichigo dan kapten yang lain berusaha mati-matian mencegah Aizen mendapatkan Hougyoku. Tapi Aizen tetap mendapatkannya. Aizen, Ichimaru, dan Tousen pun akhirnya pergi di hadapan mereka semua dan berkata akan menghancurkan Soul Society dan menguasai dunia.
Aizen yang telah mendapatkan Hougyoku membangun kekuatan untuk mewujudkan cita-citanya. Bersama Tosen dan Ichimaru serta para Arrancar (evolusi tertinggi dari hollow yang mempunyai zanpakuto seperti shinigami) mereka berada di dunia para hollow (Hueco Mundo). Diantara ratusan pasukan Arrancar yang berada dibawah komando Aizen, terdapat sepuluh Arrancar terkuat yang disebut Espada. Kesepuluh arrancar tersebut memiliki nomor di badan masing-masing yang menunjukkan besarnya kekuatan mereka (semakin sedikit nomornya semakin hebat kekuatan yang dimiliki). Saking hebatnya, kemampuan para anggota Espada ini bisa disejajarkan dengan para kapten di Gotei 13, bahkan lebih.
Ichigo yang memutuskan untuk datang ke Hueco Mundo untuk menyelamatkan Orihime yang ditawan Ulquiorra (Espada no.4), sebelumnya telah berlatih dengan  para Visored (sekelompok shinigami yang telah mendapatkan kekuatan hollow) mengendalikan hollow yang ada di dalam rohnya. Sementara yang lainnya, berlatih keras supaya bisa sejajar dengan kekuatan Espada sebelum akhirya menantang bos besar, otak dari segala kekacauan ini yaitu Aizen Sosuke.
Sementara itu, Aizen yang ingin membuat The King Key di kota Karakuara, dengan maksud menghancurkan kota tersebut, harus berhadapan dengan kekuatan 13 pasukan Shinigami. Kekuatan Shinigami memang berkurang, karena 4 kapten yang lain terkunci di Hueco Mundo. Apalagi Aizen membawa 3 Espada terkuatnya (nomor 1,2,3). Kota Karakura yang telah dipindahkan ke Soul Society dengan bantuan Urahara membuat 4 pilar roh pemindah tempat agar kota yang sebenarnya tidak hancur. Baragan (Espada no.2) yang mengetahui hal ini menyuruh para Fraccion untuk menghancurkan keempat pilar. Terjadilah pertarungan antara para Fraccion dengan 4 Shinigami yang bertugas menjaga pilar (Hisagi, Yumichika, Ikkaku dan Izuru). Disini, hanya ada satu pilar yang hancur, yaitu pilar yang dijaga oleh Ikkaku, karena Ikkaku tak ingin mengeluarkan Bankai. Matsumoto (wakil kapten divisi 10) yang sekrat akibat bertarung dengan Fraccion Harribel ( Espada no.3) meski sempat dibantu Hinamori dan Hisagi, Tetsuzaemon dan Izuru, membuat Kapten Yamamoto turun tangan dan memusnahkan Fraccion Harribel. Hitsugaya berhadapan dengan Harribel sendiri. Soifon berhadapan dengan Baragan dan Kyoraku berhdapan dengan Stark (Espada no.1).
Meskipun Ichigo yang berhadapan dengan Ulquiorra di Hueco mundo sekarat, akhirnya berubah menjadi hollow mode bentuk 2, dengan bentuk yang  lebih kuat meski tidak bisa dikendalikan. Bahkan karena hilang kontrol membuat Ishida di tusuk pedang Ichigo. Meski demikian Ulquiorra bisa di kalahkan. Ichigo pun bergegas pergi ke dunia nyata untuk membantu yang lain.
Kedatangan  Ichigo untuk mengalahkan Aizen di sambut oleh gotei 13 dan Vizard yang berjanji untuk melindunginya. Namun walau seluruh gotei 13 dan Vizard menyerang, Aizen dapat menghabisi mereka dengan mudah. Kemudian tibalah saatnya Ichigo berhadapan dengan Aizen, namun lagi-lagi perlawanan Ichigo tidak berpengaruh apa apa oleh Aizen. Disaat yang kritis itulah akhirnya Isshin Kurosaki, ayah Ichigo tiba dan membantunya untuk mengalahkan Aizen, setelah kedatangan ayahnya akhirnya Ichigo bisa lebih bebas menyerang Ichimaru. Disaat itulah Ichimaru mengeluarkan bankai nya, dimana saat itu Isshin menyerang Aizen dengan kekuatan penuh namun tak berpengaruh apa-apa. Isshin kemudian menembakkan paku ke hati Aizen,dan Aizen mengeluarkan hado yang bernama Raikouhou.
Di pertarungan Ichigo, Ichimaru mengeluarkan bankai nya yang bernama Kamishini no Yari, yang membuat panjang pedangnya menjadi 13 km, dimana sekali menebas semua bangunan akan terpotong dan hancur. Ichigo berhasil menahan bankai dari Gin Ichimaru, tetapi Gin terus berusaha mendesak Ichigo dengan berbagai serangan. Tiba-tiba Aizen mengeluarkan lapisan kekuatan Hougyoku nya ke tubuhnya, dengan perlahan-lahan tubuhnya dipenuhi oleh lapisan reiatsu tebal hougyoku nya, dan semakin kuat.
Kemudian datang lah Urahara Kisuke disaat Ichigo dan Isshin kesusahan, dia  melawan Aizen dengan adu tanding Bakudou (nyanyian Roh Penyerang). Akhirnya tubuh Aizen berubah menjadi wujud yang baru setelah bergabung sempurna dengan hogyoku. Lalu dengan kekuatan barunya tersebut berhasil melukai Isshin, Kisuke, dan Yorouichi. Lalu Aizen dan Gin pergi menuju ke kota Karakura yang berada di soul society meninggalkan para musuhnya yang terluka. Dilain pihak Isshin dan Ichigo yang masih selamat dari serangan Aizen pergi menuju soul soceity dengan gerbang senkaimon yang dibuka oleh Isshin. Setiba di soul society Isshin memberitahu Ichigo tentang jurus akhir getsuga tenshou. Setelah itu Isshin menyuruh Ichigo untuk pergi menemui Zangetsu untuk mempelajari jurus akhir getsuga tenshou.
Ditempat lain Gin menghianati Aizen dengan menyerang hogyoku milik Aizen. Membuat Aizen terluka cukup parah,tetapi tidak cukup untuk membunuh Aizen. Setelah itu Aizen menyerang Gin, sampai Gin terluka parah. Kemudian, Ichigo datang dengan memanggul ayahnya. Aizen kaget dengan kedatangan Ichigo dikarenakan baik Aizen maupun teman-temannya tidak bisa merasakan reiatsu dari Ichigo, lalu hanya dengan sekali tebasan Ichigo dapat membelah gunung.
Ichigo langsung menyerang Aizen dan berkata pada Aizen bahwa dia lebih kuat dari Aizen yang sekarang. Aizen berubah bentuk menjadi seperti hollow karena didesak oleh serangan Ichigo. Setelah itu Ichigo mengaktifkan final getsuga tenshou tetapi Ichigo akan kehilangan seluruh kekuatan spiritual nya, tetapi dia terpaksa memakai nya untuk keselamatan kota karakura, dan memakai final getsuga tenshou dengan menyatu dengan zanpakutou nya hingga Ichigo menjadi "Getsuga" nya sendiri dan berada di tingkat dimensi yang lebih tinggi dari Aizen dan perbedaan kekuatan yang sangat jauh. Ichigo mengeluarkan teknik getsuga terakhir nya yang bernama "mugetsu", suatu getsuga yang amat besar dan berwarna hitam kelam yang berbeda dari getsuga tenshou nya yang dulu, semua berakhir, Ichigo masih hidup namun kehilangan kekuatan shiniggami nya. Tetapi Aizen beregenerasi lagi hingga ingin menyerang Ichigo lagi, pada saat  itu Urahara Kisuke menanam kidou segel pada Hougyoku milik Aizen disaat hougyoku Aizen melemah, tapi sebenarnya hougyoku Aizen melemah karena dari awal tak menganggap Aizen sebagai tuannya, dan Aizen lenyap dengan  kidou segel terakhir milik Urahara Kisuke.

Musim Keenam : The Lost Shinigami RePresentative Badge
Semua yang dialami Ichigo pada masa remaja nya sejak 16 tahun yang sangat tidak diharapkan Ichigo berakhir, dari dunia shinigami hingga dunia hollow yang melibatkan Ichigo hingga bertumpah darah, kini jalan baru sudah ada di depan matanya, dia melanjutkan kehidupan manusianya seperti biasa. Kini di usianya yang menginjak usia 18 tahun, Ichigo duduk di bangku kelas 3 SMU. Suatu ketika, ada seorang lelaki paruh baya mengejar pencuri yang lari, dan pencuri itu akhirnya dikalahkan oleh Ichigo. Saat lelaki paruh baya hendak berterima kasih, dia mengambil sebuah benda dari tas nya dan menunjukkan lencana pendeteksi hollow milik shinigami kepada Ichigo dan teman-temannya. Namanya adalah Kuugou Ginjou, orang misterius yang menguntit kehidupan Ichigo. Dia ingin memberi Ichigo sebuah kartu dengan bertulisan "Welcome to Our Xcution" untuk lebih mengenal banyak tentang dirinya. Setelah Ichigo diberi kartu itu oleh Kuugou, Ishida terluka parah oleh seseorang yang misterius, setelah diselidiki oleh ayah Ishida, Ishida Ryuuken, orang yang membuat Ishida terluka parah bukanlah shinigami, bukan hollow, tetapi manusia.
Ichigo kemudian menyelidiki tentang kartu itu. Dibelakang kartu itu terdapat nomor telepon yang tidak dikena, setelah Ichigo menelopon nomor  itu, suatu jawaban misterius yang sopan terdengar "welcome to Our Xcution", dan menanyakan tentang Ichigo lebih dalam, dan  ternyata penelopon adalah Kuugou Ginjou sendiri. Kuugou yang kemudian membuat janji pada Ichigo di suatu bangunan apartemen kumuh, mengajak Ichigo masuk ke apartemen  itu dan menaiki lift dengan menggesekan kartu Welcome To Our Xcution ke Lift Plug-in, dan saat pintu lift terbuka, Ichigo bertemu dengan orang yang asing. Sudah lama berlalu, Ichigo bertarung dengan Kuugo Ginjo dengan tujuan mendapatkan kekuatan fullbring yang sempurna, dalam pertarunga Ginjo menebas mata Ichigo yang membuat Ichigo buta, Ichigo yang buta baru sadar kalau dia tidak melihat fisik Ginjo, melainkan reiatsu.
Setelah mendapatkan fullbring sempurna, Ichigo kembali kerumahnya, dan setelah membuka pintu Ichigo terkejut, ternyata tamu yang dikatakan adiknya adalah Tsukishima (musuh Ichigo). Semua teman Ichigo menjadi teman Tsukishima termasuk adiknya. Dan setelah Ichigo berjalan berkeliling, Ginjo dengan capek berbicara dengan Ichigo. Ichigo ingin membalas Tsukishima, tapi terhalang oleh teman-temannya. Ichigo memakai kekuatan fullbring untuk membunuh Tsukishima, tetapi dihalangi oleh Inoue dan Chad. Ichigo yang terkejut karena temannya yang paling berharga itu harus menjadi teman musuhnya, dan semakin terkejut saat Inoue mengatakan yang membantu pembebasan Rukia dari eksekusi itu adalah Tsukishima, dan yang membantu Ichigo mengalahkan Aizen juga Tsukishima.
Setelah itu, Tsukishima membawa Ichigo ketempat lain, Tsukisima menjelaskan kekuatan fullbringnya yang dapat mengubah pikiran seorang yang ditebas dengan memasukan jati dirinya ke masa lalu orang yang ditebas. Setelah itu, terlihat Ginjo bertarung dengan keempat pemilik fullbring yang lain, Ginjo terdesak, dan Ginjo melihat Ichigo sedang mengeluarkan getsuga tenshou ke Tsukishima. Saat Ichigo teralih pandangan, Tsukishima memanfaatkan waktu itu dan menikam Ichigo, Ichigo yang terkejut karena Ginjo melindunginya terkena serangan Tsukishima. Saat itu Ishida datang menjelaskan keadaan dan akhirnya mereka menyerang musuh sebenarnya yaitu Kuugo Ginjo. Setelah itu, Ginjo menebas Ichigo, dan mengatakan "aku akan menyegel kekuatan fullbringmu", Ichigo yang sudah disegel berkata didalam hati "aku tidak bisa melindungi siapapun", Ichigo mengatakan "kembalikan fullbringku Ginjo, itu kekuatanmu", dan setelah itu, Urahara dan ayah Ichigo menusuk Ichigo, dan yang menusuk Ichigo bukan  lain adalah Rukia, tusukan pedang zanpakutou Rukia di hati Ichigo yang membuat Ichigo kembali mendapatkan kekuatan shinigami yang bercampur kekuatan fullbring, dan zanpakutou nya berbeda dari zangetsu. Ichigo pun melawan Ginjo dengan getsuga tenshou. Akhir-nya Ginjo kalah, dan para pemilik fullbring, mencari takdir mereka sendiri. Itulah akhir dari Xcution.





CHARACTER

Ichigo Kurosaki
Karakter utama serial Bleach. Siswa kelas satu SMA Karakura yang berambut jingga ini dipaksa untuk menjadi pengganti shinigami (dewa kematian) setelah dengan tidak sengaja menyerap seluruh kekuatan Rukia Kuchiki. Perangainya yang sinis pada awalnya membuatnya ogah-ogahan menjalani pekerjaan barunya ini, tapi seiring berjalannya waktu, ia rela menerima jabatannya ini. Ia juga menyadari bahwa walaupun ia tidak mampu menyelamatkan semua orang, tetapi paling tidak ia dapat menggunakan kemampuannya untuk melindungi orang-orang yang dekat di hatinya. Ichigo merupakan keturunan shinigami (Isshin) dan manusia (Masaki). Bahkan Aizen sendiri mengungkapkan ketertarikannya pada Ichigo karena keunikan ini.
Rukia Kuchiki
Rukia Kuchiki adalah seorang Shinigami yang selalu melayani Ichigo yang dikirim untuk membasmi hollow di daerah perumahan Ichigo Kurosaki. Walaupun dari luar ia kelihatan seperti remaja perempuan, sebenarnya ia berusia lebih dari 100 tahun. Rukia terpaksa harus memindahkan kekuatannya kepada Ichigo dan untuk sementara menjadi manusia biasa. Ia mendaftarkan diri ke SMA tempat Ichigo bersekolah, dan tinggal di lemari kamar Ichigo, sementara ia mengajari Ichigo bagaimana menjadi pengganti shinigami.
Orihime Inoue
Orihime Inoue adalah teman sekelas Ichigo, dan juga berteman dengan Tatsuki Arisawa yang dekat dengan Ichigo, ia pun menjadi dekat dengan Ichigo. Orihime adalah seorang yatim-piatu, ia tinggal bersama kakak laki-lakinya (Sora). Kemudian, kakaknya pun meninggal dunia. Pada awalnya, Orihime tidak memiliki kekuatan spiritual apapun, namun lama kelamaan ia memiliki salah satu kekuatan penyembuhan terkuat di dunia. Ia mampu menyembuhkan tubuh yang terluka kembali kepada keadaan semula, walaupun terluka sangat parah sekalipun. Kemampuan spiritualnya sangat kuat, karena peri-peri kecil yang berasal dari kekuatan hati Orihime ini bisa digunakan untuk bertahan, menyerang, dan menyembuhkan.
Yasutora Sado, atau lebih dikenal sebagai "Chad", adalah salah satu dari segelintir teman-teman Ichigo di sekolah. Ia adalah pelajar Jepang berdarah Meksiko yang bertubuh sangat tinggi dibanding teman-teman sekelasnya. Walaupun secara fisik ia terlihat berjiwa keras, tapi ia sangat lembut dan penurut, dan menolak untuk berkelahi kecuali demi membela seseorang. Pada awalnya, ia tidak mampu melihat atau merasakan kehadiran arwah, namun sewaktu ia melihat sekelompok anak-anak diserang hollow, ia mendapatkan kekuatan tangan kanannya menjadi super kuat dan terselubungi baja. Dengan demikian, ia mampu mengalahkan para hollow. selain itu kekuatan tangannya bisa menjadi super sakti berkat latihan dari Abarai.
Uryū Ishida
Sekilas, Uryu Ishida nampak hanya seperti murid jenius yang suka menyendiri. Namun, Uryu adalah seorang Quincy, yaitu keturunan dari kaum pendeta pemanah pembasmi hollow. Ia menaruh dendam terhadap semua shinigami, termasuk Ichigo Kurosaki, namun seiring berjalannya cerita, pandangannya terhadap Ichigo berubah, dan bukannya menjadi musuh, ia menjadi kawan sekaligus saingan Ichigo.



Divisi-divisi Shinigami

Divisi ke-0

Divisi 0 diperintahkan bukan untuk menjaga Society Soul, melainkan istana raja yang sebelumnya ingin dimasuki secara paksa oleh Sousuke Aizen. Anggota Divisi 0 hanya terdiri dari 5 orang kapten.
  • Kapten : Kirinji Tenjiro "Demon of The Hot Water Spring"
  • Kapten : Kirio Hikifune "King of Sereal"
  • Kapten : Shutara Shenshumaru "Garda Prajurit"
  • Kapten : Osho
  • Kapten : Nimaiya Ouetsu "Who Gave Birth To The Zanpakuto"

Divisi ke-1

  • Kapten: Shigekuni Yamamoto-Genryuusai (Jenderal)
  • Wakil: Choujirou Sasakibe

Divisi ke-2

  • Kapten: Soifon  (Ketua Onmitsukido)
  • Mantan Kapten : Yoruichi Shihoin
  • Wakil: Marechiyo Oumaeda
Kebanyakan anggota divisi ini juga anggota Onmitsukido.
asu

Divisi ke-3

  • Kapten : Rojuro "Rose" Otoribashi
  • Mantan Kapten : Gin Ichimaru
  • Mantan kapten: Shusuke Amagai (di The Brand New Captain Shusuke Amagai Arc, anime only)
  • Wakil: Izuru Kira

Divisi ke-4

  • Kapten: Retsu Unohana
  • Wakil: Isane Kotetsu
Divisi 4 bertugas untuk memasok medis. Mereka bertanggung jawab untuk merawat yang terluka dan melakukan sebagian besar pekerjaan kasar, seperti membersihkan Seireitei. Divisi ini dibagi lagi menjadi tim yang ditugaskan pekerjaan tertentu.

Divisi ke-5

  • Kapten: Shinji Hirako
  • Mantan kapten: Sousuke Aizen
  • Wakil: Momo Hinamori

Divisi ke-6

  • Kapten: Byakuya Kuchiki
  • Wakil: Renji Abarai

 Divisi ke-7

  • Kapten: Sajin Komamura
  • Wakil: Tetsuzaemon Iba

 Divisi ke-8

  • Kapten: Shunsui Kyoraku
  • Wakil: Nanao Ise

Divisi ke-9

  • Kapten: Kensei Muguruma
  • Mantan Kapten: Kaname Tousen
  • Wakil: Shūhei Hisagi

Divisi ke-10

  • Kapten: Hitsugaya Toushirou
  • Wakil: Rangiku Matsumoto

Divisi ke-11

  • Kapten: Kenpachi Zaraki
  • Wakil: Yachiru Kusajishi

Divisi ke-12

  • Kapten: Mayuri Kurotsuchi (Pemimpin bagian riset, menggantikan Kisuke Urahara)
  • Mantan Kapten: Kisuke Urahara
  • Wakil: Nemu Kurotsuchi

 Divisi ke-13

  • Kapten: Jushiro Ukitake
  • Mantan wakil: Kaien Shiba [sudah meninggal]





Nama Kelompok : Espada
Nama Lain : Esupada, Ten Blades
Deskripsi Singkat : Sepuluh arrancar terkuat dalam pasukan Aizen
Tujuan : Menghancurkan kota Karakura dan mewujudkan rencana jahat Aizen
Pimpinan : Sosuke Aizen, Gin Ichimaru, Kaname Tosen

Espada, bahasa Spanyol untuk "Pedang", adalah top-class Arrancar dalam pasukan Hollow-Shinigami merupakan Hollow terkuat di bawah perintah Aizen, dan merupakan musuh utama Gotei 13. Arrancar sendiri adalah evolusi tertinggi dari hollow yang mempunyai zanpakuto layaknya Shinigami.
Diantara ratusan pasukan Arrancar yang berada dibawah komando Aizen, terdapat sepuluh Arrancar terkuat yang disebut Espada. Kesepuluh arrancar tersebut memiliki nomor di badan masing-masing yang menunjukkan besarnya kekuatan mereka (semakin sedikit nomornya semakin hebat kekuatan yang dimiliki). Pada saat grup ini diperkenalkan, para Espada terdiri dari sembilan laki-laki dan satu perempuan. Setiap anggota Espada dipilih berdasarkan kemampuan khusus mereka.
Espada mulai muncul di season ketiga Hueco Mundo serial Bleach sebagai lawan-lawan yang harus dihdapi Ichigo dan kawan-kawan sebelum  menantang bos besar, otak dari segala kekacauan Bleach, Aizen Sosuke. Keunikan sifat para anggotanya, penggunaan nomor sebagai peringkat kekuatan, dan kekuatan dari masing-masing anggota membuat Espada menjadi salah satu kelompok antagonis paling populer dalam serial Bleach.
Berikut adalah sepuluh arrancar yang tergabung dalam Espada :
Coyote Starrk
Lelaki pemalas yang berperawakan mirip Aizen ini merupakan yang terkuat diantara para arrancar Espada. Kedudukannya sebagai Primera Espada ditunjukkannya dengan angka 1 yang terdapat pada tangan kirinya, angka 1 tersebut juga melambangkan kesendirian. Zanpakuto yang dimiliki oleh Coyote adalah sepasang pistol yang dapat menembakkan cero berdaya hancur tinggi yang disebut Los Lobos. Meskipun terkuat dalam Espada, namun Coyote tidak sesemangat temannya yang lain dalam membantai musuh. Riwayat Coyote pun akhirnya harus berakhir di tangan kapten divisi 8, Kyoraku Shunsui.
Baragan Luisenbarn
Arrancar yang tampak seperti kakek-kakek berusia lanjut ini merupakan Segunda Espada atau arrancar terkuat kedua dalam Espada setelah Coyote Starrk. Zanpakuto miliknya bernama Arrogante. Hingga akhir riwayatnya yang mati ditangan Hachigen Ushoda, letak angka 2 di tubuhnya masih belum diketahui. Aspek kematian yang dilambangkan Baragan adalah tua, cocok sekali dengan perawakannya. Sebagai seorang Espada, Baragan adalah yang paling banyak memiliki Fraccion yakni Choe Neng Poww, Charlotte Cuuhlhourne, Avirama Redder, Findor Carias, Ggio Vega, dan Nirgge Parduoc.

Tia Harribel
Tia Harribel dijuluki Tres Espada atau Espada nomor tiga terkuat, hal itu tampak pada angka 3 yang terdapat di dadanya. Tia merupakan satu-satunya wanita dalam kelompok Espada. Harribel melambangkan pengorbanan, hal ini sesuai dengan akhir riwayatnya yang dibunuh oleh pemimpinnya sendiri, Aizen Sosuke. Zanpakuto miliknya bernama Tiburon, sedangkan Fraccionnya terdiri dari Apacci, Mila Rose, dan Sung-Sun.

Ulquiorra Cifer
Arrancar berjuluk Cuatro Espada ini merupakan arrancar terkuat nomor empat dalam kelompok Espada. Ulquiorra digambarkan berwajah dingin dan pendiam, selalu fokus pada tugas yang diberikan Aizen kepadanya. Sebagai seorang karakter antagonis, Ulquiorra tidak segan-segan menebaskan pedangnya dan menganggap lawan yang lemah adalah sampah. Ulquiorra tidak memiliki Fraccion, sedangkan zanpakuto miliknya bernama Murcielago. Sisa Hollow yang ada pada dirinya adalah helm yang menutupi sisi kiri kepalanya. Ulquiorra melambangkan kekosongan, riwayatnya tamat ditangan Hollow Ichigo.

Nnoitra Gilga
Arrancar terkuat nomor lima dalam Espada atau biasa disebut Quinto Espada. Sifat dan perilaku Nnoitra hampir mirip dengan arrancar dibawahnya, Grimmjow yakni suka bertarung dan gemar membantai, bahkan lebih parah karena tidak punya jiwa ksatria dengan membabat musuh yang sudah terluka. Zanpakuto milik Nnoitra adalah Santa Teresa, sedangkan Fraccionnya bernama Tesla Lindocruz. Arrancar kejam yang tidak segan membunuh teman sendiri ini akhirnya harus mati di tangan kapten divisi 11, Zaraki Kenpachi.

Grimmjow Jaegerjaquez
Sexta Espada atau arrancar terkuat keenam dari Espada, ditunjukkan dengan tato angka 6 di punggungnya. Grimmjow dilambangkan sebagai kehancuran dan itu sangat cocok sekali dengan sifatnya yang emosional, brutal dan sadis. Tak jarang Grimmjow menolak perintah Aizen, atasannya sendiri. Arrancar dengan zanpakuto Pantera ini begitu percaya diri dan tak segan menebas musuh yang meremehkannya. Fraccion yang setia kepadanya adalah Shawlong Kufane, Edrad Liones, Yylfordt Granz, Di Rov Rinker, dan Nakeen Grindina. Grimmjow akhirnya harus mengakui kekalahannya dari Ichigo dan nyaris dibinasakan oleh Gilga.

Zommari Rureaux
Bergelar Septima Espada atau arrancar terkuat ketujuh dari Espada. Zommari digambarkan sebagai lelaki besar, berbadan tinggi dan berkulit gelap dengan gaya rambut mohawk seperti tulang. Arrancar ini tidak mempunyai Fraccion, sedangkan zanpakutonya bernama Brujeria. Nyawanya harus tamat di tangan salah satu kapten terkuat Gotei 13, yakni kapten divisi 6, Byakuya Kuchiki.
Szayel Aporro Granz
Merupakan arrancar terkuat nomor delapan dari Espada dan bergelar Octava Espada. Lelaki cantik berambut merah muda ini merupakan adik dari Yylfordt Granz yang merupakan salah seorang Fraccion Grimmjow. Tak banyak sisa topeng hollow yang dimilikinya kecuali kaca mata yang dikenakannya. Mempunyai zanpakuto bernama Fornicaras dan beberapa Fraccion, beberapa diantaranya adalah Lumina and Verona serta Medazeppi. Riwayatnya berakhir setelah bertarung melawan kapten divisi 12, Mayuri Kurotsuchi.
Aaroniero Arruerie
Merupakan satu-satunya Espada yang berasal dari kelas Gillian. Dengan angka 9 di kepalanya, Aaroniero merupakan Noveno Espada atau peringkat kesembilan dari Espada. Zanpakuto miliknya bernama Glotoneria dan tidak mempunyai Fraccion, Aaroniero sendiri melambangkan ketamakan. Berhasil dibunuh oleh Rukia Kukichi.
Yammy Riyalgo
Awalnya Yammy adalah Dioz Espada atau arrancar dengan peringkat kesepuluh dalam Espada. Tapi itu sebelum ia melepaskan zanpakutonya yang bernama Ira. Begitu Yammy melepaskan zanpakuto, maka espada dengan tato angka 10 di pundak kirinya ini akan berubah menjadi sangat kuat, bahkan menjadi yang terkuat dalam espada dengan gelar Cero Espada, hal itu terbukti dengan berubahnya angka 10 menjadi 0 yang tertulis di pundaknya. Arrancar yang dilambangkan dengan amarah ini akhirnya berhasil ditaklukan duet Byakuya Kuchiki dan Kenpachi Zaraki.