Sabtu, 03 Maret 2012

NARUTO

Siapa yang tidak mengenal tokoh utama karya Masashi Kishimoto ini?. Manga Naruto yang melegenda sampai ke seluruh belahan dunia ini bercerita seputar kehidupan tokoh utamanya yaitu Naruto Uzumaki, seorang ninja remaja yang berisik, hiperaktif, ‘agak’ bodoh, tidak pernah menyerah dan petualangannya dalam mewujudkan keinginan untuk mendapatkan gelar Hokage, ninja terkuat di desanya. Tiga belas tahun sebelum cerita ini dimulai, seekor monster rubah ekor sembilan bernama Kyuubi menyerang Konoha, sebuah desa shinobi yang terletak di negara Api. Kekacauan terjadi di desa Konoha dan korban berjatuhan pun tidak terhindar lagi jumlahnya, akhirnya ada seseorang yang berhasil menyegel Kyuubi itu ke tubuh Naruto, seseorang yang berhasil menyegel siluman rubah itu dikenal sebagai Yondaime Hokage, Hokage ke 4 atau Namikaze Minato yang tidak lain adalah ayah dari Naruto.
Begitu kuatnya Kyuubi sehingga penyegelan itu harus dibayar dengan kematian Yondaime Hokage sendiri. Karena ada Kyuubi di tubuh Naruto lah, semua orang di desanya mengabaikan keberadaannya dan dia bahkan tidak memiliki teman. Tapi dia bertekad untuk membuat semua orang di desa ‘mengakui’ nya dengan menjadi Hokage!. Sama seperti Naruto, Sasuke (temannya di tim7) hidup sendirian tanpa teman dan keluarga. Dia adalah ninja yang sangat berbakat dan Naruto diam-diam mengaguminya. Tapi sasuke menyimpan masa lalu yang kelam saat menyaksikan kakaknya sendiri yaitu Itachi Uchiha membantai seluruh klan Uchiha di depan matanya. Sejak itu, dia hanya punya tujuan untuk membunuh Itachi. Saat ia di butakan oleh dendam, Sasuke tidak peduli lagi dengan desa dan pergi mencari kekuatan Orochimaru yang sebenarnya adalah penghianat Konoha. Naruto bertekad membawa kembali Sasuke dengan cara apapun terlebih lagi karena dia sudah berjanji pada Sakura. Dia berlatih bersama Jiraiya (Sennin yang  pernah menjadi guru Minato) untuk mengendalikan Kyuubi yang ada di dalam tubuhnya, selain itu dia juga harus menjadi kuat untuk melindungi dirinya sendiri dari Akatsuki yang mengincar Kyuubi. Akatsuki adalah sebuah organisasi yang terdiri dari 10 Ninja penghinat (termasuk Orochimaru dan Itachi) yang bermaksud mengumpulkan kesembilan Bijuu untuk tujuan memonopoli peperangan didunia Shinobi.
Tiga tahun berlalu setelah itu, Naruto sudah menjadi lebih kuat dengan jutsu baru (jutsu: teknik Ninja yaitu Taijutsu, Ninjutsu, dan Genjutsu) dan kembali ke desa Konoha bersama Jiraiya. Tapi kemudian dia mendapat sebuah misi penting dari Hokage ke-5 yaitu menyelamatkan Gaara dari desa Suna (rivalnya saat ujian chunin yang sekarang ini sudah menjadi Kazegake) dari sergapan Akatsuki yang mengincar Ichibi di tubuh Gaara (Ichibi adalah monster berekor satu sama seperti Kyuubi yang memiliki 9 ekor). Di dunia Shinobi terdapat 9 Bijuu yang dinamai berdasarkan jumlah ekornya, mereka adalah Ichibi, Nibi, Sanbi, Yonbi, Gobi, Rokubi, Nanabi, Hachibi, dan Kyuubi. Perlakuan orang-orang desa terhadap seorang Jinchuriki pun tidak jauh berbeda dengan yang di alami Naruto. Gaara di takuti oleh warga desanya dan bahkan keluarganya sendiri membencinya, dia selalu kesepian dan membenci adalah satu-satunya cara untuk tetap hidup, tapi setelah bertarung dengan Naruto yang senasib dengannya, dia menyadari satu hal yang sangat penting dalam kehidupan yaitu berusaha agar keberadaannya di butuhkan orang lain. Dari situ, Gaara yang awalnya suka membunuh menjadi manusia yang ingin melindungi orang lain, sebagai seorang Kazekage di desanya.
Naruto bersama Sakura dan gurunya Hatake Kakashi pergi ke desa Suna, tapi mereka terlambat karena Gaara telah di bawa pergi oleh Deidara karena kalah setelah bertarung habis-habisan untuk melindungi warga dan desanya. Naruto yang kesal melanjutkan pengejarannya menuju markas Akatsuki, tapi lagi-lagi dia terlambat, bagaimanapun juga tubuh Jinchuriki yang sudah terlepas dari Bijuu nya tidak akan selamat. Gaara tewas setelah Ichibi di dalam tubuhnya di rebut dan di segel Akatsuki. Menyaksikan tubuh kaku Gaara, Naruto menjadi sangat marah dan tidak bisa lagi mengendalikan kekuatannya, tubuhnya mulai berubah menjadi Kyuubi dan menghancurkan apapun di dekatnya, tapi beruntung perubahan itu bisa di hentikan oleh Kakashi yang sebelumnya telah mendapat mantra penyegelan dari Jiraiya. Setelah keadaan menjadi lebih tenang, tim penyelamat berkumpul didekat tubuh Gaara, Naruto yang merasa tidak berguna terus saja menangis dan menyalahkan dirinya sendiri, lalu seorang Ninja senior dari Suna yang merasakan ketulusan hati Naruto terhadap Gaara, bersedia memberikan nyawanya untuk menghidupkan kembali Gaara dengan jurus medis terlarang ciptaannya. Dia berkata bahwa dia seperti melihat masa depan yang cerah antara Suna dengan Konoha. Berkat pengorbanan nenek Chiyo lah, Gaara berhasil selamat dan penduduk desa menyambutnya kembali sebagai Kazekage Sunagakure.
Naruto kembali ke Konoha dan mendapatkan informasi keberadaan Sasuke dari pertarungannya melawan Akatsuki, dia bersikeras menemui Sasuke di markas Orochimaru. Tapi apa yang terjadi? Setelah tim 7 akhirnya bertemu kembali, Sasuke telah berubah menjadi orang yang sangat angkuh, bahkan setelah akhirnya dia berhasil membunuh Itachi, dia kini bermaksud menyerang Konoha untuk membalas dendam lagi setelah mengetahui ‘kebenaran’ Itachi dari Tobi. Jalan Ninja Sasuke yang penuh dendam berbeda dengan Naruto, bagaimana pun juga Naruto tetap ingin membawa pulang Sasuke hidup-hidup karena baginya Sasuke lebih dari seorang teman, Naruto yang tidak pernah punya keluarga menganggap Sasuke seperti saudaranya sendiri. Karena itu saat teman-teman merencanakan membunuh Sasuke yang telah menjadi anggota Akatsuki, dia menjadi marah dan bersi keras menyadarkan Sasuke tanpa merugikan pihak Konoha sendiri. Lalu akan kah Naruto berhasil menyadarkan Sasuke dan mengalahkan Akatsuki agar kedamaian bisa terwujud di dunia Shinobi? Kalian akan mengetahui akhirnya setelah Kishimoto sensei merampungkan manga Naruto ini.
Manga Naruto pertama kali diterbitkan di Jepang oleh Shueisha pada tahun 1999 dalam edisi ke 43 majalah Shonen Jump. Di Indonesia, manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Sedangkan untuk serial anime Naruto, diproduksi oleh Studio Pierrot dan Aniplex, disiarkan secara perdana di Jepang oleh jaringan TV Tokyo dan juga oleh jaringan televisi satelit khusus anime, Animax, pada 3 Oktober 2002 sampai sekarang. Kini polpuleritas Naruto menjangkau sampai di seluruh belahan dunia dan memancing ribuan fans untuk menyimak alur manga ini. Lalu siapa sebenarnya orang hebat di balik manga Naruto?. Dialah Masashi Kishimoto, lahir di Perfektur Okayama pada tahun 1974 sebagai kakak dari 2 anak kembar(adik Masashi Kishimoto bernama Seishi Kishimoto, yang adalah mangaka dari 666 Satan). Masashi terkenal sebagai salah satu mangaka terhebat sepanjang sejarah hanya dalam beberapa tahun, dengan komiknya yang sangat disukai dan populer yaitu Naruto. Naruto lantas menjadi salah satu manga yang terpopuler dan bestseller, dibaca oleh jutaan orang di berbagai belahan dunia.
Sejak kecil Masashi memang sangat suka menggambar, ia sering mencoret buku catatannya dengan gambar-gambarnya, bahkan ia tetap menggambar saat ia sedang bermain petak umpet dengan teman-temannya sambil menunggu ditangkap. Kishimoto-sensei adalah yang paling perfeksionis. Ia menunjukkan bagian mana yang salah pada gambar teman-temannya dan menunjukkan cara menggambar yang benar. “Jika sekarang aku berpikir tentang itu, tentu saja aku adalah anak yang menyebalkan!” jelas Kishimoto. Ketika menginjak SMP, Kishimoto memfokuskan diri pada hal lain selain menggambar. Baseball mengambil bagian penting pada saat itu. Menggambarpun hampir tidak ia lakukan lagi karena tidak ada waktu. Namun pada suatu hari ia melihat poster yang menurutnya sangat bagus. Gambar itu ternyata adalah “Akira” karya Katsuhiro Ootomo. Tapi, betapa banyakpun ia mencoba meniru, ia tidak bisa. Mustahil untuk ditiru katanya. Efek, desain, dan setiap detil gambar tersebut amat berbeda dari mangaka lain. Akhirnya Kishimoto-sensei menyadari, karya yang hebat adalah karya original, dan meniru gambar orang lain tidak berguna. Kishimoto mencoba menggambar dengan cirinya sendiri, tetapi ia tetap tidak bisa. Ia pun akhirnya menyerah dan mengahabiskan sepanjang masa SMPnya untuk meniru gambar Ootomo-sensei.
Masashi Kishimoto pernah berulang kali gagal saat mencoba mengirimkan komik pertamanya saat masih duduk di kelas XI, ia heran mengapa komiknya tidak bagus dan apa yang membuat komik orang lain bisa lebih bagus?, tapi ia tidak menyerah dan membuat banyak komik lagi. Karena ia menghabiskan waktunya untuk mencari jawaban tersebut, Kishimoto lulus SMA dengan peringkat 38 dari 39 siswa. Keadaan menjadi serba salah. Tidak pandai menggambar komik, juga tidak pintar di sekolah, lalu akan jadi apa ia nanti? Masashi Kishimoto tidak menyerah dan berusaha lebih keras untuk menjadi mangaka Jump. Jika sekarang Kishimoto mengingat kembali semuanya, Ia tidak banyak berpikir, “Yah, semua akan berhasil!. Syukurlah karena aku bodoh!”
Sekarang Masashi Kishimoto berhasil meraih impiannya menjadi Mangaka Jump yang terkenal, komiknya tentang ninja yaitu Naruto menjadi salah satu yang paling populer dan paling diminati di berbagai penjuru dunia. Semua yang usaha yang dilakukannya membuahkan hasil. Masashi Kishimoto menjadi contoh dan inspirasi yang nyata, dan akan menjadi salah satu yang terhebat sepanjang sejarah.

Sumber: biografi Masashi Kishimoto di Google.



Video: Naruto vs Pain