Sabtu, 03 Maret 2012

MEGAMI KOHOUSEI

Megami kohousei adalah sebuah anime yang diangkat dari serial manga milik Sugisaki Yukiru. Serial ini bercerita tentang pertarungan pilot Mecha dalam mempertahankan planet bernama Zion dari serangan musuh yang dijuluki Victim. Saat itu Zion adalah satu-satunya planet yang bisa di tinggali oleh manusia. Karenanya untuk menghadapi serangan Victim, manusia telah membuat senjata andalan yang luar biasa canggih yang di sebut Mecha. Pada timeline cerita ini yaitu beberapa puluh tahun sesudah tahun 4088 SC, 5 Mecha yang di buat antara lain: 
1.       Zenoah-C-R-Ernn-Laties, julukannya adalah Megami no Naka no Megami (dewi diantara para dewi). Ingrid putih yang cantik ini tidak diketahui bahan ataupun tahun pembuatannya, dan sepak terjang Shiroi Megami (white goddes) ini sangat luar biasa. Dia memiliki senjata terampuh yang disebut Goddess Verdict. Biasanya dengan senjata andalan ini, Victim yang mereka hadapi akan langsung hancur lebur tanpa bisa melawan.
2.        Noah-Z-M-Eeva-Leena ver.M-A4098-L-F, Ingrid berwarna biru ini memiliki roh berbentuk gadis bernama Elia. Posisinya dalam pertempuran adalah sebagai penyerang, dan ialah yang terkuat setelah Ernn-Laties. Senjata andalannya adalah sebuah meriam yang besarnya beberapa kali lipat tubuhnya sendiri.
3.       Noah-Z-M-Tellia-Kallisto ver.M-A4098-K-H, bersenjatakan sepasang pedang dan ia selalu menyerang langsung ke arah musuh-musuhnya tanpa basa-basi. Ingrid berwarna merah ini memiliki sifat yang juga mirip pilotnya, yaitu kalem dan dingin.
4.       Noah-Z-M-Agui-keameia ver.M-A4098-P-D, kemampuan utamanya adalah sebagai pelindung dari para Ingrid yang lain, karena ia memiliki perisai hebat. Ingrid berwarna jingga ini memiliki roh bernama Silfee.
5.       Noah-Z-M-Luhma-Klein ver.M-A4098-T-Y. Ingrid berwarna hijau yang memiliki kecepatan terhebat dibanding yang lain. Dia juga memiliki alat sensor dan tedeksi paling tajam, sehingga ialah yang selalu mencari letak musuh dan mengkomuikasikannya kepada rekan-rekannya. Roh Luhma-Klein bernama Helteage.

Mecha-mecha tersebut bukan sembarang robot, melainkan Mecha yang dibuat A.H.W (Advance Humanoid Weapon) Ingrid, dan dijuluki Megami/Godness. Masing-masing Ingrid di kemudikan oleh seorang pilot dan di bantu oleh seorang partner di kapal induk yang bertugas sebagai Repairer mereka. Lalu, untuk mendidik piot-pilot Ingrid didirikanlah sebuah akademi yang di namakan G.O.A (Godess Operator Academy). Hal ini di karenakan seorang pilot Ingrid hanya akan menjadi pilot selama beberapa tahun saja, jadi di butuhkan pilot-pilot baru yang masih segar untuk menggantikan.
Tokoh utama dalam Megami Kohousei, adalah seorang anak laki-laki berusia 15 tahun bernama Zerro Enna. Dia adalah kohousei/kandidat no 88 di G.O.A yang enerjik, urakan dan tempramental. Nama asli Zero adalah Rei, tapi sekarang ia bahkan sudah tidak ingat lagi dengan nama itu. Ia bercita-cita menjadi pilot Ingrid sejak ia melihat koloni tempat tinggalnya diselamatkan oleh Ernn-Laties yang dianggapnya sebagai seorang dewi. Tapi untuk menjadi kohousei di butuhkan persyaratan yang lumayan berat, disamping dia juga memiliki saingan berat di G.O.A bernama Hiead Gnear. Waktu itu di kapal pengangkut menuju ke G.O.A, Zero dan Head berkelahi sampai menunjukkan kemampuan EX mereka yang luar biasa, untung instruktur G.O.A bernama Azuma Hijikata dapat menghentikan mereka. Kemudian saat akan menuju ke upacara penyambutan murid baru, Zero malah tersesat ke hangar tempat penyimpanan para Ingrid. Pada saat itu kelima Ingrid baru saja kembali setelah menghancurkan Victim yang mencoba mendekati Zion. Lalu karena terkejut dengan kehadiran Leena Fujimura repairee Eeva-Leena, Zero terjatuh kedalam kokplit Igrid tersebut. Seharusnya orang yang bukan pilot Igrid yang sah tidak dapat masuk ke koplit, tapi bukan hanya di terima oleh Eeva-Leena, ia bahkan bisa bersinkronsasi dengan sempurna dengan sang Ingrid, ia lalu melihat figur seorang gadis berambut panjang yang sepertinya merupakan wujud asli Ingrid tersebut, Elia. Mengetahui hal ini, Head benar-benar kesal. Cowok yang tak pernah tersenyum dan arogan ini beranggapan bahwa Zero tidak cocok menjadi kandidat, Head memiliki kemampuan EX yang menakutkan dan ia pernah membuat medan pertempuran yang penuh Victim diam tak bergerak seakan waktu berhenti, Ia adalah contoh kandidat yang sempurna. Namun belakangab Hiead sering dibayang-bayangi oleh suatu kejadian misterius di masa lalunya, dimana ia melihat dirinya  dikelilingi banyak orang dan ada genangan darah dimana-mana.  
Zero pun lalu bertemu dengan teman-teman seangkatannya yaitu Head, Clay Cliff Fortan (cowok berkaca mata yang lebih suka menganalisa situasi daripada turun langsung dalam pertempuran), Roose Sawamura (cowok manis yang kelebihan berat badan 15 kg untuk menjadi seorang kandidat dan menjalani program diet rahasia oleh Wrecka Toesing yang nantinya menjadi partnernya), dan Yamagi Kushida (cowok selenge’an yang enerjik, dia tipe orang yang mengandakan kekuatan fisiknya). Zero, Hiead, dan Clay ditempatkan dalam satu kamar, lalu Roose dan Yamagi jadi teman sekamar.
Hari berikutnya, kurikulum pelajaran mereka di G.O.A dimulai, mereka pun dites fisiknya apakah memenuhi syarat sebagai kandidat pilot. Di sini diketahui bahwa Zero dan Hiead memiliki kemampuan EX yang luar biasa hebat. Setelah beberapa waktu mereka akan di pasangkan dengan kandidat Repairer yang dianggap cocok dengan mereka. Partnership itu harus serasi, karena bisa dibilang Pilot dan Repairnya akan berjuang sehidup-semati. Mereka berkenalan dengan 5 orang gadis yang akan selalu mendampingi mereka didalam maupun diluar pertemuan. Saat itu, Zero yang sedang terlalu bersemangat karena mereka akan dilatih simulasi Pro-Ing tidak memperdulikan gadis yang mengulurkan tangannya untuk berkenalan. Karena kesal, gadis itu membuat Zero terjatuh dan tangan Zero tanpa disengaja menpis topi yang dipakai partnernya. Dibalik topo itu terlihat sepasang telinga kucing diantara rambut berwarna merah muda. Gadis yang bernama Kizna Towryk itu sangat malu dan akhirnya berlari meninggalkan Zero. Instruktur Hijikata dengan tenang mengatakan pada Zero bahwa ia tidak boleh ikut simulasi jika tidak didampingi partnernya. Zero langsung mencari Kizna, dan mengatakan padanya kalau ia tidak peduli dengan penampilannya dan bahwa Kizna adalah partnernya sekarang. Tidak seperti Zero dan Kizna yang langsung bertengkar dan pukul-pukulan, para kandidat pilot dan Repairer lain masih sangat canggung satu sama lain. Hiead adalah pengecualian karena ia tidak pernah memedulikan partnernya yaitu Ikhny Allecto. Ia menganggap bahwa Ikhny sebagai sarana untuk menjadi pilot, dan ia tak segan berlaku kasar pada gadis lembut itu. Sementara Clay berpasangan dengan Mimori Saki yang orangnya blak-blakkan dan agak judes, dan Yamagi berpasangan dengan Tsukasa Kuscha yang terlihat paling dewasa diantara Repairer lain.
Mulai hari itu, latihan keras pilot dan Repairernya dimulai. Karena mereka bukan hanya dituntut untuk mengendarai atau memperbaiki Pro-Ing (mecha yang dipakai untuk ltihan para kandidat) saja, melainkan mereka harus menjaga satu sama lain. Pilot dan Repairernya harus saling mengetahui kondisi masing-masing karena nyawa sang pilot di medan pertempuran bergantung pada hal tersebut.
Pertempuran Ingrid dan pilotnya melawan Victim dan kehidupan pribadi para awak G.O.A akan mewarnai jalannya serial ini. Terlebih lagi kita akan disuguhi dengan persaingan Zero dan Hiead yang tidak ada habisnya, misteri di balik keberadaan para Ingrid dan masa lalu beberapa tokoh Megami Kohousei yang sangat misterius. Megami Kohousei juga dapat mengajarkan kepada kita tentang persaingan yang sehat dengan menerapkan kemampuan maksimal yang di miliki seseorang. Dan pada akhirnya kita akan diajak untuk membela apa yang kita anggap benar, dan membela apa yang sudah menjadi hak kita dari orang-orang yang mengganggunya, sebagaimana para Ingrid membela Zion dari Victim.
  



Video: Megami Kohousei