Sabtu, 03 Maret 2012

THE LAW OF UEKI


The Law of Ueki (うえきの法則 Ueki no Housoku) adalah judul sebuah serial manga dan anime yang dibuat oleh Tsubasa Fukuchi. Di Indonesia, manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo dan Animenya sendiri mulai mengudara di Jepang pada tanggal 4 April 2005. The Law of Ueki menceritakan tentang Pertarungan Kekuatan Supranatural untuk menentukan siapa yang akan menjadi Dewa selanjutnya. Setiap Calon Dewa (100 kandidat Dewa yang merupakan makhluk langit) wajib memilih seorang murid SMP (manusia) untuk menjadi petarungnya dengan memberikan sebuah kekuatan ajaib pada sang murid. Calon Dewa yang muridnya memenangkan pertarungan akan menjadi Dewa selanjutnya dan sang murid yang menjadi pemenang mendapatkan Bakat Kosong, yaitu bakat untuk mendapatkan kemampuan yang disukainya.

Kosuke Ueki adalah seorang murid kelas 1-C di SMP Hinokuni yang mendapat bakat mengubah sampah menjadi pohon dari gurunya yaitu Kobayashi yang tak lain adalah kandidat Dewa. Ueki yang selalu berusaha menolong orang lain, memiliki rasa keadilan yang tinggi. Disaat murid-murid lain ingin mendapatkan Bakat Kosong untuk kepentingannya sendiri, Kosuke Ueki justru berniat memenangkan pertandingan ini untuk menjauhkan bakat tersebut agar tidak jatuh ketangan yang salah. Awalnya, Ueki dianggap elien oleh Ai Mori (teman sekelasnya) karena bisa mengubah sampah menjadi pohon, tapi setelah mengetahui tournament yang Ueki ikuti, Mori justru semakin mencemaskan cowok urakan ini. Dalam tournament ini, seorang peserta akan kehilangan 1 bakatnya jika melukai orang lain yang bukan peserta, sebaliknya akan mendapat 1 bakat baru jika mengalahkan peserta lain dan Jika bakat-bakat yang dimiliki seorang peserta habis maka dia akan lenyap dari dunia ini. Tapi biar bagaimanapun juga, Ueki yang hanya menyerang lawan yang dianggapnya jahat tidak jarang menggunakan kekuatannya untuk memberi hukuman pada orang jahat yang bukan peserta, hal ini membuatnya mudah sekali kehilangan bakatnya, karena alasan inilah Ai Mori bertekat untuk menjaga agar bakat-bakat Ueki tidak habis.
Ueki bertemu dengan banyak teman serta pengalaman baru yang baginya sangat bernilai. Hingga suatu hari datang seorang pengguna kekuatan bernama Robert Haydn (orang terkuat di tournament) yang mengajak Ueki bertarung. Ueki menerima tantangan itu, tapi sayangnya dia tak cukup kuat untuk melawan Robert. Bahkan, Kobayashi merelakan dirinya dijebloskan ke neraka karena melanggar peraturan (dilarang ikut campur dalam pertarungan peserta) demi menyelamatkan Ueki.
Robert adalah pemimpin dari Robert 10, kemampuannya adalah mengubah udara menjadi gelembung tergantung warnanya (biru berarti ringan sedangkan merah berarti berat) sedangkan  level 2 nya adalah mengubah keinginan menjadi kenyataan dengan syarat umurnya akan berkurang 1 tahun. Selain itu, belakangan di ketahui bahwa dia adalah manusia langit yang memiliki bintang 10!. Bintang di sini adalah kemampuan makhluk langit untuk menggunakan senjata suci dengan level yang berbeda seiring dengan perkembangan kekuatan mereka. Senjata Suci atau "Jingi" atau "Sacred Treasure" berdasarkan urutan levelnya antara lain Kurogane, Fudo, Ranma, Mash, Pick, Raika, Gulliver, Namihana, Seikuu, dan Maou.
Robert pernah mendapat perlakuan yang buruk dari manusia di masa lalunya yang menyedihkan, karena itu dia ikut tournament ini untuk balas dendam pada manusia. Robert 10 akhirnya dihancurkan oleh Ueki yang juga bisa menggunakkan Senjata Suci, dia akhirnya mengetahui bahwa dirinya juga adalah makhluk langit. Robert mulai sadar akan kelakukan manusia yang adil dan mulai enggan menghancurkan umat manusia. Namun setelah itu, Robert dikalahkan oleh Anon yang tiba-tiba menyerangnya dan tubuh Robert di telan oleh makhluk neraka itu. Jika makhluk langit memiliki kemampuan menggabungkan kekuatan dengan Senjata Suci, maka Hellion/makhluk neraka bisa menggunakkan kekuatan yang dimiliki orang yang di telannya. Selain Robert, Anon juga menelan Dewa agar bisa mengambil alih pertandingan. Dia bilang mimpinya adalah untuk menghancurkan dunia, tapi sebenarnya dia ingin menemukan orang yang bisa mengalahkannya.
Ueki terus berlatih dan berjuang di babak baru Tournament  beserta anggota timnya Ai Mori, Sano Seiichiro, Rinko Gerard, dan Soya Hideyoshi. Pada puncak pertarungan, Ueki akan menghadapi Anon dengan kemampuan level 2 Ueki yaitu ‘reverse/mengembalikannya menjadi semula’ yang di dapat dengan bantuan Pagu (Ayah kandung Ueki yang membuang Ueki ke dunia manusia agar terpilih menjadi dewa, tetapi yang dia lakukan sia-sia karena dia tidak terpilih sebagai kandidat dewa. Dia jadi benci Ueki, tetapi pada akhirnya rasa sayangnya pada Ueki membuatnya melindungi Ueki dan membantunya mencapai level 2).
Ueki berhasil mengalahkan Anon dan menjadi pemenang dalam Tournament ini. Lalu apa sebenarnya bakat yang ingin ueki miliki?, dia menggunakan Bakat Kosong itu untuk menggembalikan semua bakat seperti pada awalnya. Dengan begini menusia tetap bisa memiliki bakatnya. Ueki kembali ke bumi dan melanjutkan kehidupannya sebagai manusia.



Video: Ueki vs Robert