Sabtu, 03 Maret 2012

DEATH NOTE



“Siapapun yang namanya di tulis di dalam buku ini maka orang tersebut akan mati”, itulah Death Note!.
Seorang siswa SMA terbaik sejepang bernama Light Yagami menemukan Death Note yang di jatuhkan Shinigami (dewa kematian) bernama Ryuk ke dunia manusia. Dia memungut buku itu dan tak sengaja membaca petunjuk di sampul buku yang menerangkan bahwa siapapun yang namanya tertulis di dalam buku tersebut akan mati, awalnya Light mengabaikan buku itu sampai rasa penasarannya muncul dan mencoba kebenaran dari buku tersebut. Light lalu menuliskan sebuah nama seorang penjahat dari siarkan langsung di TV, dan benar saja beberapa menit kemudian penjahat itu mati terkena serangan jantung. Dia berfikir mungkin itu hanya kebetulan, sampai Ryuk Shinigami pemilik Death Note muncul di hadapan Light dan mengejutkannya. Light yang masih gemetar mencoba menenangkan dirinya saat berbicara dengan Ryuk. Light kemudian memperlihatkan Death Note yang telah ia tuliskan puluhan nama penjahat di dalamnya dan berkata dia siap mati jika Ryuk memang datang untuk mengambil nyawanya. Tapi tiba-tiba sang Shinigami tertawa dan berkata buku itu sudah menjadi milik manusia sejak jatuh ke dunia manusia. Dan Light lah yang pertama menemukannya. Ryuk juga menjelaskan beberapa peraturan lain dari Death Note dan menyakinkannya bahwa hanya orang yang pernah menyentuh Death Note lah yang bisa melihat Shinigami. Sejak saat itu, Light yang merasa dunia sudah mulai membusuk memutuskan membunuh semua penjahat atas nama keadilan dan bermaksud menjadi dewa di dunia baru sebagai ‘KIRA’. Lama kelamaan pihak polisi menyadari adanya kejanggalan dari kematian para penjahat, mereka mengadakan rapat tertutup dan bekerja sama dengan ‘L’ seorang detektive jenius, untuk menangkap KIRA dan mengirimnya ke tiang gantungan. Dengan suatu cara yang sangat cerdas, L berhasil membuktikan bahwa KIRA beroperasi dari Kantou, Jepang, dan melalui broadcast televisi nasional L menyatakan bahwa ia menantang KIRA. Light, yang yakin bahwa dirinya dan ideologi adalah keadilan yang sesungguhnya, menerima ‘tantangan’ dari L tersebut, dan dari sinilah perang dingin diantara mereka dimulai, bagaimanapun juga orang yang tertangkap terlebih dahulu dia lah yang akan mati, entah itu Light dengan Death Notenya atau L dengan jaringan rahasia di belakangnya.
L yang sudah melakukan penyelidikan mulai mencurigai Light. Ia kemudian membentuk sebuah tim investigasi kecil bersama 6 anggota NPA (National Police Agency aka Kepolisian Jepang), yang beranggotakan Souichiro Yagami (ayah Light Yagami), Matsuda Touta, Hideki Ide, Kanzo Mogi, Aizawa, dan Ukita. Untuk memulai langkah awalnya, kamar Light dipasang kamera pengintai dan penyadap. Light dengan suatu cara yang cerdik yaitu memanfaatkan Ryuk, berhasil mengelabui kamera pengintai tersebut dan tetap ‘mengeksekusi’ kriminal dengan Death Note-nya. L yang tetap yakin Light adalah KIRA, kemudian memulai langkah berani dan penuh resikonya yaitu bertemu langsung dengan Light di sebuah univesitas jepang sebagai seorang mahasiswa bernama Hideki Ryuga. Dalam upacara penerimaan mahasiswa baru, Light terpilih sebagai mahasiswa baru terbaik bersama Hideki Ryuuga alias L (nama Hideki Ryuuga adalah nama dari artis jepang, nama itu dipilihnya untuk melindungi dirinya kalau-kalau Light mencoba untuk ‘mengeksekusi’nya dengan Death Note). Hideki Ryuuga kemudian memberitahu Light bahwa ia adalah L. Semenjak itu, L dan Light saling menyelidiki identitas masing-masing dengan lebih hati-hati. Karena keduanya memiliki tingkat kecerdasan yang setara, kedua pihak tersebut selalu bisa membaca langkah-langkah lawannya.
Tak lama setelah Light bertemu dengan L dan bergabung ke dalam tim investigasi, muncul lah KIRA yang kedua. Di sini terjadi perburuan segitiga antara L, Light (KIRA), dan KIRA yang kedua. Ketiganya saling mencari satu sama lain. Kemudaian di ketahui bahwa KIRA kedua adalah Misa Amane, seorang aktris muda yang memuja KIRA yang telah membalaskan dendam orang tuanya, dan jatuh hati kepada Light Yagami. Ketika akhirnya ketiganya bertemu, intrik-intrik yang dilakukan satu sama lain menjadi semakin pekat, dan berakhir pada tewasnya L oleh Shinigami Rem milik Misa Amane. L yang tewas segera digantikan kedudukannya oleh Light, dia memainkan dua peran sekaligus (L dan KIRA) di dalam kepolisian dan mulai bergerak menguasai dunia.
Berita kematian L segera diketahui oleh Roger, kepala sekolah Wammy House, sebuah institusi khusus yang didirikan untuk mendidik anak-anak jenius di seluruh dunia untuk satu tujuan: menciptakan penerus L. Roger segera bertindak dengan menginformasikan ini kepada dua kandidat penerus L, Mello dan Near. Kedua remaja tersebut memiliki sifat yang sangat bertolak belakang, Mello bertemperamen tinggi, spontan, dan terobsesi menjadi nomor satu. Sementara Near hampir tidak menunjukkan emosi, dan sangat observatif, dan cenderung pasif. Roger berharap agar mereka bekerja sama sebagai penerus L. Near setuju, namun Mello, yang selalu terobsesi menjadi nomor satu tapi tak pernah diperolehnya karena keberadaan Near, menolaknya dan berkata bahwa Near lebih pantas menjadi penerus L. Mello kemudian keluar dari institusi itu untuk mengejar KIRA dengan caranya sendiri, yaitu menjadi anggota organisasi kriminal terbesar di dunia mafia.
Persaingan antara Near dan Mello untuk menangkap KIRA membawakan pertempuran intelek yang sangat menarik untuk disaksikan para pembacanya. Light menghadapi berbagai serangan tak terduga dari kedua kandidat penerus L tersebut. Dan tanpa disangka, persaingan menjadi yang terbaik antara kedua remaja jenius tersebut berujung pada kerja sama yang akhirnya membawa akhir bagi KIRA dan 'eksekusi'nya. Mello (Mihael Kheel) tewas setelah nama asli dan wajahnya di ketahui pihak Light, namun Near atau Nate River berhasil mengungkap identitas asli kira dan memenangkan permainan yang tidak bisa di selesaikan L. Light tewas oleh Death Note yang ditulis Ryuk, lalu kemudian Misa Amane bunuh diri karena kematian Light dan pada akhirnya dunia kembali seperti alaminya, dengan baik buruknya manusia.
Death Note adalah judul sebuah serial manga Jepang yang ditulis oleh Tsugumi Ohba dan ilustrasi oleh Takeshi Obata. Manga ini direalisasikan di majalah Shonen Jump dari Januari 2004 hingga Mei 2006 dengan total 108 bab. Versi tankoubonnya terbit sebanyak 12 jilid dan 1 jilid spesial yang berjudul How to Read 13 yang berisi penjelasan dan profil tentang Death Note. Selain itu ada juga Death Note versi layar lebarnya, Death Note ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Death Note, Death Note: The Last Name, dan Death Note: L Change The World. Death Note juga muncul dalam versi novel, namun kali ini penulisnya adalah Nisio Isin dengan judul Death Note Another Note: The Los Angeles BB Murder Cases. Cerita bermula pada tahun 2002. Bercerita tentang seorang anak bernama Beyond Birthday, anak yang di ambil dari Wammy's House dalam percobaan untuk mencari pengganti L, dan di kenal sebagai BB, pelaku pembunuhan di Los Angeles. Selain BB, juga terdapat seorang anak yang bernama A (nama aslinya tak di ketahui, yang juga terpilih untuk menggantikan L). Tekanan di Wammy's House terbukti terlalu besar bagi mereka, dan membuat A memutuskan untuk bunuh diri, ketika BB memilih jalan yang lain (jalan dengan membunuh korban yang akan segera mati) dan muncul dengan rencana untuk melampaui L, sebagai "World's Greatest Criminal", dan membuat L tidak dapat memecahkan kasus yang dibuat BB.
Beyond Birthday terlahir dengan mempunyai mata shinigami, yang mana bisa membuat dia melihat berapa lama lagi orang di sekitarnya dapat hidup, Dan juga mengetahui nama lengkap orang tersebut. Dia menggunakan kemampuan ini untuk memilih korbannya dan membunuh mereka jika telah di ketahui mereka akan segera mati. Tidak di ketahui bagaimana bisa dia terlahir dengan mata shinigami tersebut, Mello pernah berpikir bahwa mata Shinigami tersebut dijatuhkan ke bumi (seperti halnya Death Note). Beberapa orang mengklaim Beyond Birthday adalah seorang kanibal, tapi ini hanyalah gosip. Pada versi novel tidak disebutkan bahwa dia memakan korbannya.
Beberapa tahun kemudian, pada tanggal 21 Januari 2004, Beyond Birthday meninggal dengan serangan jantung, di perkirakan dia temasuk dalam catatan penjahat yang di bunuh oleh Kira.

Benar-benar cerita dengan kekuatan super imajinasi tinggi karya Tsugumi Ohba, dan ilustrasi yang di gambarkan Takeshi Obata perlu di acungi 4 jempol!.

Profil:
Light Yagami
Lahir : 28-02-1986
Mati : 28-01-2010
Tinggi : 176 cm
Berat : 54 kg
Golongan Darah : A
Suka : Keadilan
Tidak Suka : Kejahatan
Status : Kira
Pengetahuan : 9/10
Kekuatan Konseptualisasi : 10/10
Tindakan : 8/10
Motivasi : 10/10
Keterampilan Sosial : 10/10
Light Yagami adalah seorang anak yang sangat pintar dan merupakan anak polisi yang bernama Shoichiro Yagami. Dia menemukan sebuah buku catatan yang sengaja dijatuhkan milik Dewa Kematian bernama Shinigami Ryuk yang disebut Death Note. Menurutnya, dunia yang indah merupakan dunia yang aman dan bersih dari kejahatan. Maka dari itu, ia membunuh dan mengadili para penjahat. Hingga ia dicari-cari oleh seorang detektif dan Light mendapat julukan Kira (pembunuh).
L (Lawliet)
Lahir : 31-10-1979
Mati : 05-11-2004
Tinggi : 179 cm
Berat : 50 kg
Golongan Darah : Tidak diketahui
Suka : Makanan Manis
Tidak Suka : Kaos Kaki
Status : Detektive terhebat di dunia
Pengetahuan : 9/10
Kekuatan Konseptualisasi : 10/10
Tindakan : 9/10
Motivasi : 10/10
Keterampilan Sosial : 1/10
L Lawliet adalah seorang detektive yang dapat mengendalikan kepolisian di seluruh dunia. Dia berusaha untuk menangkap Kira (pembunuh yang dapat membunuh manusia dengan hanya menulis nama manusia yang akan dibunuhnya dengan menggunkan Death Note). L tidak pernah mau menunjukan dirinya kepada hal layak kecuali kepada orang-orang penyelidik kira . L termasuk orang yg sangat jenius , namun sikapnya seperti anak kecil yang sangat tidak ingin mengalah . L sangat suka dengan makanan manis seperti kue, itu sudah sangat terlihat di sepanjang cerita dimana ia selalu memakan kue-kue manis di tengah penyelidikan.

Mello (Michael Keehl)
Lahir :13-12-1989
Mati : 26-01-2010
Tinggi : 171 cm
Berat : 52 kg
Golongan Darah : A
Suka : Coklat
Tidak Suka : Orang yg lebih hebat darinya
Status : Rival Near
Pengetahuan : 7/10
Kekuatan Konseptualisasi : 8/10
Tindakan : 10/10
Motivasi : 10/10
Keterampilan Sosial : 9/10
Mihael Keehl yang lebih dikenal sebagai Mello merupakan rival Near. Dia adalah anak tertua dari dua penerus L. Ia dibesarkan di Rumah Watari atau Wammy's House bagi anak-anak berbakat di Winchester, Inggris. Ketika Roger memberitahu bahwa L telah meninggal, Roger meminta agar Mello dan Near bekerjasama untuk menangkap Kira, tetapi Mello menolak. Dia menginggalkan Wammy's House setelah mengatakan "Aku akan menemukan jalan sendiri." Cara yang digunakan Mello untuk menangkap Kira sangatlah kurang konvensional. Mello sangat cepat mengambil keputusan dibandingkan oleh near, ia juga sangat ingin menjadi lebih hebat dari semua orang dan sangat ingin lebih hebat dari L dan Near.
Near (Nate River)
Lahir : 24-08-1991
Mati :
Tinggi : 155 cm
Berat : 40
Golongan Darah : B
Suka : Puzzel dan Mainan
Tidak Suka : Kira (Light Yagami)
tatus : Penerus L
Pengetahuan : 9/10
Kekuatan Konseptualisasi : 10/10
Tindakan : 6/10
Motivasi : 10/10
Keterampilan Sosial : 1/10
Nate River atau lebih dikenal sebagai Near merupakan salah satu dari dua penerus L. Near adalah anak jenius yang mendekati kemampuan L, lebih tenang menilai situasi daripada Mello yang emosional dan cepat bertindak. Dia selalu bermain dengan berbagai mainan yang ia gunakan dalam teori-teorinya. Dia juga sangat menghormati L.
Misa amane
Lahir : 25-12-1984
Mati : 14-02-2011
Tinggi : 152 cm
Berat : 36 kg
Golongan Darah : AB
Suka : Light Yagami
Tidak Suka : Musuh Light
Status : Kira Kedua
Pengetahuan : 3/10
Kekuatan Konseptualisasi : 4/10
Tindakan : 10/10
Motivasi : 6/10
Keterampilan Sosial : 10/10
Misa Amane adalah seorang model yang datang ke Jepang untuk bertemu dengan Kira (Light Yagami). Ia memutuskan untuk mengabdikan hidupnya bagi Light karena fakta bahwa Kira menghukum kriminal yang menewaskan orang tuanya di depan matanya sendiri. Misa mendapatkan Death Note dari seorang shinigami perempuan bernama Rem dan akhirnya menjadi kira kedua. Demi light ia rela melakukan transaksi mata sampai 2 kali kepada Shinigami, yang harus dibayar dengan separuh sisa usianya.
Mikami Teru
Lahir : 07-06-1982
Mati : 07-02-2010
Tinggi : 175 cm
Berat : 56 kg
Golongan Darah :A
Suka : Kedamaian
Tidak Suka : Kekacauan
Status : Kira keempat atau X-Kira
Pengetahuan : 8/10
Kekuatan Konseptualisasi : 7/10
Tindakan : 8/10
Motivasi : 10/10
Keterampilan Sosial : 5/10
Pengacara muda yg mengagumi kira (light yagami). Dia dipilih oleh Light untuk menjadi pengganti kira selama light masih dicurigai oleh para penyelidik dan Near. Dia sangat mengagumi kira sampai-sampai mau berbuat apa saja asalkan keinginan kira tercapai yaitu kedamaian dunia. Teru Mikami dipilih menjadi kira baru oeh yagami. Ketika Yagami berpikir terlalu bahaya untuk Misa Amane memegang Death Note lebih lama lagi, ia menyuruh Misa menyerahkan kepemilikan Death Note-nya kepada Mikami. Lalu Mikami melakukan pernukaran mata dengan Ryuk, dan ia mendapatkan Mata shinigami.

Mail Jevas
Tanggal Lahir : 1 Februari 1990
Tanggal Wafat : 26 Januari 2010
Status : Kaki Tangan Mello
Pengetahuan : 6/10
Kekuatan Konseptualisasi : 6/10
Tindakan : 7/10
Motivasi : 7/10
Keterampilan Sosial : 3/10
Mail Jeevas atau lebih dikenal dengan nama Matt adalah teman terbaik Mello dari Wammy Rumah dan komplotannya. Dia suka video game dan tidak suka keluar. Matt biasanya dikenal memakai kacamata orange dan merokok. Dia melakukan pekerjaan spionase untuk Mello dan memainkan peran penting dalam penculikan Takada. Tidak banyak lagi yang dapat diketahui tentang Matt, selain ia adalah mantan penduduk Wammy's House.
Watari
Tanggal Lahir : 1 Mei 1933
Tanggal Wafat : 5 November 2004
Status : Watari, Pengurus L, Penemu Wammy house
Pengetahuan : 7/10
Kekuatan Konseptualisasi : 8/10
Tindakan : 10/10
Motivasi : 10/10
Keterampilan Sosial :8/10
Quillsh Wammy, Atau dipanggil Watari, adalah pengurus L. Sebelum SPK terbentuk, ialah satu satunya orang yang pernah bertemu L, dna satu satunya yang dapat berkomunikasi dengan L langsung.Seperti L, ia menjelaskan dirinya sebagai W dalam huruf old english di layar komputer. Ia adalah investor terkenal dan juga penemu wammy house.



How to Use Death Note

A human whose name is written in this note will die.
If the cause of death is written within 40 seconds after writing the person's name, it will happen.
After writing the cause of death and an explanation of the deaths should be written in 6 minutes 40 seconds.
If cause of death not specified , the person shall die by a heart attack .
The time and condition of death can be changed. However, once a person's name is written, his death could not be changed.
This note  will not take effect unless the writer imagines the face of people who want to be killed when writing the name. Therefore, the person who has the same name will not be affected.
This note will belong to human, after touching the ground (appears) in the human world.
Whe human uses the Death Note, a God of death will usually show up in front of him in 39 days after he used the Death Note.
human who become users of the Death Note will be followed by a God of death the original owners until he died.
when users of the Death Note die during the Death Note as being proprietary, automatically switches on the people who were holding it.
human who uses this note will not be able to enter Heaven or hell



Video: Light vs L

Judul : Death Note
Pengarang : Tsugumi Ohba
Ilustrator : Takeshi Obata
Sutradara : Tetsuro Araki
Penulis : Toshiki Inoue
Studio : Madhouse
Genre : Misteri, Detektif, Drama Triller.