Sabtu, 03 Maret 2012

BEYBLADE

Beyblade (ベイブレード) adalah judul dari sebuah serial anime dan manga karya Takao Aoki yang bercerita tentang sekelompok anak yang bertarung dengan menggunakan gasing canggih berkekuatan hebat yang disebut Beyblade. Takao Kinomiya yang merupakan tokoh utama di serial ini memiliki mimpi menjadi Blader terkuat di dunia, bersama teman-temannya yaitu Kai, Rei, dan Max, mereka membuat tim dengan nama Bladebreakers. Masing-masing dari mereka memiliki Beyblade yang di dalamnya bersemayam roh suci yang dapat meminjamkan kekuatan dan melindungi mereka dari bahaya. Ke-empat roh suci tersebut antara lain Dragoon milik Takao, Dranzer milik Kai, Driger milik Rei, dan Draciel milik Max. Mereka bersama-sama berjuang untuk menjadi yang terbaik dengan mengikuti berbagai battle tournamen yang di selenggarakan di seluruh dunia. Pertarungan Bey mereka akan semakin memanas, karena Takao dan kelompoknya akan bertemu dengan saingan baru dalam perjalanan menjadi Best Blader. Anime Beyblade ini terdiri dari 3 season di mulai dari Beyblade Bakuten Shoot, Beyblade V-Force, dan akhir ceritanya berlanjut di Beyblade G-Revoution. Beyblade pertama kali muncul pada tahun 1999 dalam bentuk manga dan mainan yang hanya beredar di Jepang. Setelah versi manganya meraih sukses, Beyblade versi anime kemudian diluncurkan; tak hanya di Jepang, melainkan juga di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, China, Eropa, dan Indonesia. Selanjutnya Beyblade menjadi maninan populer di dunia, gasing modern yang terbuat dari plastik atau logam ini terdiri dari bagian-bagian yang bisa di lepas, dipasang kembali dan kita juga dapat mengkombinasikannya dengan part dari Beyblade lain untuk menambahkan kekuatan serang atau bertahan pada Beyblade kita. Serial Beyblade di populerkan kembali oleh Takafumi Adachi dengan judul Metal Fight Beyblade (season 1) dan Metal Fight Beyblade Baku (season2) dengan Gingga Hagane sebagai tokoh utamanya. Khusus Beyblade generasi terbaru ini mengadaptasi dari Beyblade versi lama, tentunya dengan desain baru.

Mari kita lihat perubahan part dari 2 generasi ini.
A. Beyblade Parts (Beyblade Original Series) terdiri dari:
- Attack Ring = Logam berat dengan 2 tipe yaitu bertahan dan menyerang.
- Weight Disk = Bagaian dari Beyblade berfungsi sebagai pemberat dan penyeimbang.
- Spin Gear = Berfungsi sebagai tiang dasar untuk menghubungkan part-part lainnya.
- Blade Base = Bagian dari Beyblade yang menyentuh dasar arena.
- Launcher & Winder = Di pasang untuk meluncurkan Beyblade.
B. Parts pada New Beyblade : - Face
- Clear Wheel
- Metal Wheel
- Track
- Bottom
- Winder dan Launcher.

Walaupun mengalami sedikit perubahan parts tapi inti dari peraturan permainannya tetap lah sama, perhatikan trik bertarung berikut ini:
1. Kombinasikan parts Beyblade mu dengan maximal.
2. Arahkan Beyblade di dalam arena battle, pastikan Beyblade akan berputar di dalam arena.
3. Tangan lurus ke depan, Kaki kiri berada di depan dan kaki kanan sedikit ditekuk ke belakang.
4. Tarik dengan cepat winder saat battle dimulai, jangan lupa menyerukan aba-aba “3.2.1... GO SHOOT!!!”.
5. Beyblade yang menang karena adu lama berputar di arena, hanya dapat nilai 1.
6. Sementara Beyblade yang terpental keluar dari arena, pemenangnya dapat nilai 2.
7. Jika bermain dalam tim, maka pertarungan diadakan sebanyak 3 kali.
Sesungguhnya kalah maupun menang dalam permainan bukanlah masalah yang terpenting adalah semangat bertarung seorang Blader!.


Video: Takao vs Kai